Mitsubishi Umumkan Susunan Tim Ralliart yang Maju di Ajang AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 (kiri-kanan) Rifat Sungkar (driver/Indonesia), Chayapon Yotha (driver/Thailand), Sakchai Hantrakul (driver/Thailand).
Sumber :

VIVA – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan susunan Mitsubishi Ralliart Team, yang akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Ajang reli lintas negara AXCR ini akan melintasi Thailand hingga Kamboja pada 21-26 November 2022 mendatang. 

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Dari Tim Mitsubishi Ralliart, ada Rifat Sungkar (Indonesia) yang juga Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia dan Chayapon Yotha (Thailand) yang sebelumnya juga telah memenangkan Thailand Autocross Championship, keduanya akan membesut dua unit Mitsubishi Triton untuk kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Juara Reli Dakar atau Dakar Rally dua kali, sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors, Hiroshi Masuoka juga hadir dalam ajang AXCR 2022 yang bertindak sebagai direktur tim serta konsultan teknis.

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Soal persiapan tim sejauh ini adalah tes ketahanan Mitsubishi Triton Rally sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand. Uji ketahanan ini sudah dilakukan pada 29-30 Agustus 2022.

“Rally driver melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar," jelas Rifat Sungkar memuji impresi rally car dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

Dari tes ketahanan ini, ada beberapa hasil yang didapat tim Mitsubishi Ralliart untuk meningkatkan performa Tritonnya. “Beberapa hasil dari uji ketahanan ini, yaitu mengurangi bobot, meningkatkan karakteristik output mesin, hingga memiliki dual damper baru yang meningkatkan kegesitan serta stabilitas Mitsubishi Triton saat melewati kontur jalan kasar.

“Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka (pembalap). Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid,” ungkap Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart.

Selain performa Triton, Rifat juga menyatakan co-driver mampu memberikan navigasi secara akurat dan cepat. Karena penting bagi tim untuk meraih hasil sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik," lanjutnya.

Setelah berpartisipasi dalam tes ketahanan sebelumnya pada Juni, Chayapon Yotha, pereli Thailand juga memberikan respons positif atas besutan reli yang ditingkatkan performanya.

“Penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi," ungkap Chayapon Yotha.

“Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami keandalan relinya dia akan memberikan kinerja yang hebat. Sementara Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali dia menjajal tungganganya," papar Hiroshi Masuoka.

Sejauh ini, lanjut Hiroshi, “Triton tampil bagus, saya yakin para pereli mampu memberikan performa yang tangguh dan solid.” 

Tim Mitsubishi Ralliart

Team Director: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)

Team Principal: Chayut Yangpichit (TANT SPORT)

Technical Director: Kopong Amatayakul (TANT SPORT)

Technical Support (body, chassis): Yasuo Tanaka (Mitsubishi Motors)

Technical Support (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

Drivers and co-drivers:

Team 1

Rifat Sungkar

Chupong Chaiwan

Tim 2

Chayapon Yotha

Peerapong Sombutwong

Tim 3

Sakchai Hantrakul

Kittisak Klinchan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya