Mitsubishi Ralliart Uji Coba Triton, Si Gagah yang Tampil di AXCR 2022

Uji coba ketahanan Triton untuk ajang AXCR 2022.
Sumber :

VIVA – Ketangguhan Mitsubishi Triton akan dibuktikan dalam kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) yang berlangsung 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Tim yang terjun kejuaraan ini menggunakan Mitsubishi Triton adalah Mitsubishi Ralliart dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

Dukungan penuh dari Mitsubishi Motors ini dengan melakukan rangkaian uji coba ketahanan untuk Triton di jalan raya dan off-road di Thailand pada 27-29 juni 2022. 

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Tes ketahanan ini dilakukan pada mobil Triton yang dipersiapkan untuk balap AXCR dengan beban dan kapasitas tinggi, serupa dengan yang diperkirakan dalam reli dan berfokus terutama pada keandalan dan daya tahan sasis dan mesin. 

Untuk menguji performa mobil reli di lingkungan yang mirip dengan lintasan sebenarnya, tim menggunakan lintasan 10 kilometer yang menggabungkan rentang kecepatan tinggi, jalan berkerikil kasar, dan lintasan hutan sempit yang berkelok-kelok.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

“Karena Triton memiliki rangka sasis yang kuat dan performa handling yang sangat baik, kami memutuskan untuk mengurangi bobot kendaraan secara minimal untuk modifikasi reli sambil memanfaatkan kekuatan aslinya sebanyak mungkin,” ungkap Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart.

Untuk diketahui, tahun ini, tanggal rilis diundur menjadi 21 - 26 November 2022, dengan rute yang akan dimulai di Buriram, sebelah timur laut Thailand sebelum menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di situs Warisan Dunia Angkor Wat.

“Setelah menempuh lebih dari 800 kilometer dalam dua hari, mobil reli menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang tes ketahanan yang berat sesuai yang kami harapkan, dan sekarang kami yakin bahwa persiapan kami berada di jalur yang tepat,” tambah Masuoka.

Tentang Mobil Reli Triton Ralliart

Mobil reli Triton yang akan digunakan pada ajang balap AXCR 2022 ini diklasifikasikan sebagai mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam). 

Berdasarkan spesifikasi model kabin ganda Thailand, kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan, sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage dan underguard. 

Suspensi mobil Triton yang dikhususkan untuk reli ini memberikan karakteristik handling yang luar biasa, sedangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang, ban off-road berdiameter besar, dan velg ringan, secara dramatis meningkatkan handling di permukaan jalan yang kasar. 

Penyetelan mesin diesel turbo 2,4 L difokuskan untuk mereduksi friction loss dan bobot, serta meningkatkan respons pada rentang kecepatan sedang yang sering digunakan dalam reli.

Beberapa tahapan AXCR akan meliputi aksi menyeberangi sungai, sehingga modifikasi kedap air juga telah ditambahkan, seperti penyegelan yang lebih kuat dan snorkel saluran masuk udara.

Pentingnya Uji Ketahanan

Rifat Sungkar yang menjadi salah satu Tim Mitsubishi Ralliart tahun ini menjelaskan, pembalap reli biasanya melewati banyak tikungan yang berbeda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar.

Tak cuma itu, kata Rifat, Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. "Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan," tambahnya.

Sementara itu, Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart menyatakan, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan timnya mengidentifikasi masalah dan menangani bersama pembalap andalan mereka.

Meski cukup puas dengan hasil yang ada saat ini, pihaknya akan tetap melakukan pengetesan lagi sebelum balapan dimulai.

“Kami akan melakukan uji coba lagi pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid," pungkasnya.

Ajang balap AXCR ke-27 tahun 2022 akan dimulai pada 21 November dengan seremonial dimulai di Buriram, di timur laut Thailand dekat perbatasan Kamboja. Kompetisi dimulai pada hari berikutnya pada tanggal 22, dengan paruh pertama reli berpusat di Buriram. 

Sebelum ini Rifat Sungkar juga pernah menggunakan Mitsubishi Triton pada Indonesian Extreme Off-Road Championship (IXOR) dengan prestasi menjadi juara nasional.

Rifat juga berharap AXCR akan menjadi ajang pengembangan produk yang lebih baik lagi, “dengan observasi ketat dari performa mobil di berbagai medan dengan dukungan teknis dari tim teknis Mitsubishi Motors,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya