Citroen Bikin Mobil yang Atapnya Terbuat dari Kardus

Mobil konsep Citroen Oli
Mobil konsep Citroen Oli
Sumber :
  • Dok: Stellantis

VIVA Otomotif – Mobil konsep yang dibuat oleh Cirtoen cukup unik, pasalnya atap dan kap mobil tersebut terbuat dari bahan kardus.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu 2 Oktober 2022, mobil konsep tersebut diberi nama Citroen Oli yang diciptakan untuk mengantisipasi sulitnya sumber daya logam di masa depan.

Kendati demikian, lembaran karton yang disusun menjadi kardus itu bukan material sembarangan, melainkan karton dengan format "sarang lebah" yang dilapisi plastik pada setiap sisinya sehingga tahan air dan kuat menopang beban dengan bobot tertentu.

"Ini lebih dari sekadar mobil konsep seperti yang biasa Anda lihat," kata direktur produk masa depan Citroen, Anne Laliron.

Mobil konsep Citroen Oli

Mobil konsep Citroen Oli

Photo :
  • Dok: Stellantis

Citroen Oli dikembangkan perusahaan Prancis itu dengan pabrikan kimia asal Jerman BASF. Komponen lain yang dihemat oleh Citroen adalah kaca depan.

Mereka merancang kaca depan yang ringan dan dibuat rata (tidak melengkung) untuk menghemat material dan bobot komponen itu. Alih-alih terlihat minimalis, Citroen Oli justru memiliki tampang yang futuristik menyerupai mobil listrik masa depan.