Karoseri New Armada Mulai Terapkan Teknologi Canggih

VIVA Otomotif: Bus Citouro Medium City buatan Karoseri New Armada
VIVA Otomotif: Bus Citouro Medium City buatan Karoseri New Armada
Sumber :
  • Dok: New Armada

VIVA Otomotif – Teknologi canggih saat ini mulai diterapkan pada kendaraan besar seperti bus, untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan ketika melintas di jalan raya. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh para produsen saja, namun juga karoseri.

Seperti yang dilakukan oleh New Armada, yang memanfaatkan peranti TKDN Advance Mobility Fleet atau TAM Fleet karya PT Teknologi Karya Digital Nusa. Mereka memamerkannya di acara Busworld Southeast Asia 2022, yang saat ini sedang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Teknologi canggih itu akan terpasang di unit bus milik New Armada, yaitu perangkat IoT MDVR, CCTV, Blind Spot Detection, Advance Driver Assistant System, Driver Safety Monitoring, Multi Touch panel, dan Blackbox.

Masing-masing perangkat tersebut terintegrasi dalam sistem solusi management transit, dan dilengkapi teknologi kemampuan Internet of Things yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan yang terbukti meningkatkan keselamatan armada, penumpang serta pengemudi. 

VIVA Otomotif: Teknologi TKDN di bus buatan Karoseri New Armada

VIVA Otomotif: Teknologi TKDN di bus buatan Karoseri New Armada

Photo :
  • Dok: TKDN

Salah satu perangkat yang dipamerkan, yaitu DSM dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga perangkat BSD yang menggunakan kamera tiga dimensi dengan kemampuan Artificial Intelligence, yang bisa mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar armada.

Halaman Selanjutnya
img_title