Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ini Isi Garasi Dirut Liga Indonesia

Dirut PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita di dalam Toyota Alphard
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA Otomotif – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menetapkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita menjadi tersangka tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 131 orang.

Terpopuler: Daftar Harga Motor Matik 250cc Terbaru, Toyota Alphard Bekas Mulai Rp100 Jutaan

“Terkait proses penyidikan, kami periksa 48 saksi. Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara, berdasarkan itu maka ditetapkan saat ini 6 tersangka. Salah satunya Dirtu LIB saudara AHL,” ujar Kapolri Sigit, Kamis 6 Oktober 2022.

Sebelum dipilih menjadi Dirut Liga Indonesia, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 1965 tersebut telah bekerja diberbagai bidang olahraga. Bahkan dia pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia Formula One Society.

Bila Menang, Amin Tidak Halangi Petinggi dan Pendiri FPI Minta Ditinjau Ulang

Meski pernah berkecimpung di dunia balap, mantan kepala komunitas pecinta F1 tersebut tidak terlihat memiliki ketertarikan khusus terhadap otomotif. Hal itu terlihat dari media sosial pribadinya, salah satunya Intagram.

Toyota Alphard 2015

Photo :
  • Dok: Toyota
Tim Hukum Amin Bicara soal Pentingnya Penyelesaian Tragedi Kanjuruhan dan KM 50

Alumni Master of Business Administration ITB tersebut tidak pernah menampilkan koleksi kendaraan pribadinya di jagat maya. Saat berselancar di media sosial pribadinya hanya terlihat saat dia duduk di dalam mobil.

Jika diperhatikan dari desain interior, seperti jok model captain seat, dan bagian atap dilengkapi sunroof lengkap dengan ambient light mobil yang ditumpanginya tersebut adalah Toyota Alphard, diduga lansiran 2018.

Mobil MPV, atau Multi Purpose Vehicle kelas premium tersebut harganya Rp1 miliaran, dan banyak digunakan selebritis, pejabat negara, dan pengusaha untuk mobilitas sehari-hari.

Mobil dengan dimensi besar tersebut dikenal memiliki kenyamanan, berkat spesifikasi  kaki-kaki, dan fitur di dalamnya. Toyota diketahui sudah memberikan penyegaran hingga dua kali untuk Alphard.

Merangkum dari beberapa sumber, pada 2020 mobil keluarga tersebut diberikan penyegaran meski secara penampilan tetap serupa dengan model sebelumnya. Namun teknologi MPV tersebut menjadi lebih canggih.

Didukung teknologi keselamatan yang disebut Toyota Safety Sense (TSS), didalamnya meliputi PCS (Pre-Collision System), LDA (Lane Departure Alert), DRRC (Dynamic Radar Cruise Control), AHB (Automatic High Beam).

Untuk melengkapi kenyamanan, dan keamanan terdapat Inside Rear View Mirror, Alphard baru juga menggunakan Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas, dan resolusi lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Sistem hiburannya menggunakan head unit berukuran 9 inci, lebih besar dari sebelumnya yang hanya 8 inci. Memasuki Juni 2021, MPV tersebut kembali mendapatkan peningkatan fitur, kali ini penambahan Adaptive Cruise Control.

Jantung pacunya masih serupa dengan versi sebelumnya, empat silinder berkapasitas 2.500cc, dan 3.500cc untuk tipe tertinggi. Berpenggerak roda depan, dengan transmisi matik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya