Porsche Terobsesi Bikin Mobil Listrik Aerodinamis yang Bisa Melaju Kencang

Logo Porsche
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan listrik mulai dikembangkan oleh beberapa produsen, salah satunya mobil. Hal itu dikarenakan beberapa negara mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan untuk masyarakat dalam mengurangi gas emisi buang.

Terpopuler Otomotif: Harga Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Diskon Besar Pajak Kendaraan

Masih dalam proses, perusahaan otomotif yang terkenal dengan mobil mewah yakni Porsche mengumumkan telah melakukan pengujian aerodinamis untuk kendaraan listrik (EV). Mereka melakukan uji coba tersebut bersama salah satu universitas di Jerman yaitu University of Stuttgart.

Ketua Program Teknik Otomotif University of Stuttgart, Profesor Andreas Wagner menyampaikan bahwa pihaknya mulai memeriksa terkait kendaraan listrik secara sistematis untuk menghasilkan mobil EV yang inovatif. Hal itu dilakukan sebagai standar kelayakan kendaraan yang ingin dikembangkan.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Surabaya Selasa 3 Oktober 2023

Uji coba kendaraan listrik mobil Porsche

Photo :
  • Carscoops

"Kami sedang memeriksa apakah mungkin untuk mengurangi nilai Cd pada titik-titik tertentu di bodi mobil dengan secara sistematis memperkenalkan getaran," ujar Andreas, dikutip VIVA dari Carscoops, Senin 10 Oktober 2022.

Detik-Detik Romobongan Mobil Mewah Putar Balik dan Lawan Arah di Tol Desari

Masih proses uji coba, pihaknya mengakui masih banyak menemui berbagai tantangan dan ini menurut mereka masih dalam tahap awal pengembangan. Porsche bersikukuh untuk bisa menghasilkan kendaraan yang sempurna.

"Kami harus memastikan, misalnya, penumpang tidak mendengar dengungan apa pun dan itu masih memiliki beberapa cara untuk dilakukan sebelum dilakukannya produksi," tambahnya.

Diketahui, perusahaan otomotif asal Jerman ini sedang mengerjakan bagaimana caranya membuat kendaraan listrik ini lebih efisien dengan mengedepankan desain yang aerodinamis. Ditambah juga sistem Aero aktif yang memiliki banyak potensi dan belum banyak dimanfaatkan untuk membuat kendaraan bergerak.

Dalam kesempatan ini, mereka menyatakan untuk penelitian yang dilakukan memungkinkannya untuk menjadi lebih baik dalam membuat kendaraan yang efisien untuk memungkinkan desainernya lebih bebas. Hal itu juga sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan kendaraan ramah lingkungan.

Sedikit informasi, saat transisi industri otomotif ke penggerak listrik mulai dikembangkan, banyak dari para pembuat kendaraan mencari cara untuk membuat mobil mereka semakin aerodinamis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya