Mobil Ini Bikin Pabrikan Kewalahan karena Banyak Peminatnya di Indonesia

Peluncuran resmi KIA Carens di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun ini berangsur kembali ke angka normal, usai dua tahun dilanda pandemi. Hal itu menjadi kabar baik untuk para pabrikan otomotif.

Mobil Bermasalah atau Ada Kondisi Darurat saat Melewati Jalur Contraflow, Menepi ke Mana?

Termasuk PT Kreta Indo Artha, agen pemegang merek Kia di Indonesia yang beberapa waktu lalu meluncurkan mobil baru di pameran GIIAS 2022. Kendaraan yang dimaksud adalah All New Kia Carens.

Mobil yang masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle itu hadir dengan fitur lebih lengkap, serta tampilan lebih modern. Model ini dibekali dengan dua pilihan jantung pacu.

Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

Pertama yakni 1.400cc turbo dengan tenaga maksimal 138 daya kuda dan torsi 242 Newton meter. Sementara, tipe yang satu lagi disematkan mesin dengan kapasitas 1.500cc dan memiliki kemampuan 113 dk serta torsi 250 Nm.

Mobil MPV KIA Carens

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Kia Bakal Luncurkan Banyak Mobil Listrik Baru, Salah Satunya Carens

Marketing and Development Division Head KIA, Ario Soerjo mengatakan bahwa sejak pameran hingga bulan ini pihaknya sudah menerima Surat Pemesanan Kendaraan untuk model tersebut sebanyak ratusan unit.

“SPK sampai saat ini sudah ada sekitar 600 unit, itu sejak pameran GIIAS 2022. Tipe yang paling banyak dipesan yaitu yang mesin 1.500cc, itu jumlahnya 75 persen,” ujarnya saat sesi Media Test Drive All New Kia Carens di Jakarta, dikutip Kamis 13 Oktober 2022.

Meski mengaku menerima banyak pesanan, namun Ario mengaku bahwa unit yang bisa dikirim ke pembeli belum sesuai dengan harapan mereka.

“Waktu di GIIAS kami janji akan langsung kirim unitnya, dan itu memang benar. Tapi, jumlahnya baru sekitar 100 unit saja,” tuturnya.

Keterlambatan pengiriman unit ke konsumen, kata Ario dikarenakan adanya kendala pada proses produksi Kia Carens di pabrik India.

“Masalahnya semikonduktor, di India saja model Kia Carens harus inden enam bulan. Tapi, kuartal empat ini kami harapkan bisa dapat kiriman unit lebih banyak,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Kia Carens tipe 1.5 MPI Premiere dengan kapasitas tujuh orang dijual Rp389 juta. Sedangkan untuk tipe 1.4T Premiere enam kursi, harganya Rp449 juta. Kedua angka berstatus on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya