Toyota Hadirkan Plaform Baru untuk Kendaraan Listrik agar Lebih Murah

Logo Toyota
Sumber :

VIVA Otomotif – Saat ini beberapa produsen otomotif tengah mengembangkan kendaraan listrik untuk kebutuhan konsumennya. Hal ini juga dilakukan, lantaran beberapa negara tengah beralih dari mesin konvensional ke yang lebih ramah lingkungan.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Salah satu perusahaan yang terlihat mengembangkan kendaraan ramah lingkungan adalah Toyota. Perusahaan asal Jepang ini telah mengerjakan beberapa proyek mobil listrik yang tampaknya akan mengembangkan platform lebih murah.

Dikutip VIVA dari Reuters, Selasa 25 Oktober 2022, perusahaan yang terkenal dengan mobil sejuta umat ini sedang mempertimbangkan untuk memulai kembali strategi mobil listriknya agar bisa bersaing lebih baik di pasar otomotif. 

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Mesin Toyota GR Corolla Hathcback

Photo :
  • Toyota

Dalam rencana ini, mereka telah menyiapkan dana sebesar senilai US$38 miliar atau setara Rp593 triliun. Hal itu dilakukan untuk bisa bersaing dengan produsen kendaraan listrik lainnya, salah satunya Tesla.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Oleh karenanya, Toyota membuat sebuah tim yang ditugaskan untuk merancang strategi baru untuk meningkatkan platform e-TNGA EV yang ada, atau membuat yang baru dan lebih baik akan diperkenalkan pada awal tahun depan.

Saat ini rencana tersebut baru proses tahap penyusunan untuk dibangun mobil listrik yang diperkirakan dengan harga murah. Bahkan mereka menargetkan menjual sekitar 3,5 juta unit EV per tahun pada 2030 mendatang

Perusahaan yang didirikan tahun 1937 itu mengatakan untuk mencapai netralitas karbon, penting tidak hanya mengembangkan teknologi sendiri saja. Tetapi juga untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra dan pemasok, termasuk yang ada di industri otomotif.

"Kami berkomitmen untuk netralitas karbon dengan teknologi yang dikembangkan oleh kami sendiri. Nantinya rencana ini akan kami kolaborasi dengan berbagai mitra pendukung dan pemasok komponen yang sangat penting," ujar salah satu pihak internal perusahaan.

Sebagai tambahan informasi, Toyota baru saja memperkenalkan mobil listrik bernama bZ4X yang dibangun di atas platform e-TNGA fleksibel. Model ini mengusung desain Sport Utility Vehicle atau SUV, yang tampilan tampak gagah dan modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya