Ferrari Siapkan Mobil Balap untuk Ajang Kejuaraan WEC

ilustrasi gambar mobil balap Ferrari 499P
Sumber :
  • Ferrari

VIVA Otomotif – Baru-baru ini, Ferrari secara resmi memperkenalkan wujud mobil balapnya di industri otomotif. Kendaraan roda empat tersebut bernama 499P yang hadir dengan performa canggih.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Nantinya, model tersebut meramaikan kelas Le Mans Hypercar mulai tahun 2023 di World Endurance Championship (WEC). Perusahaan asal Italia ini siap kembali buru juara utama Le Mans setelah puluhan tahun absen.

Ferrari Executive Chairman, John Elkaan mengatakan bahwa mobil balap ini diperkenalkan untuk bersaing dengan inovasi yang telah dikembangkan oleh mereka. Perkenalkan ini juga menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam menyediakan produk mobil balap untuk mengikuti kompetisi.

Mobil Baru Hyundai Rp130 Jutaan Sudah Bisa Dipesan di Diler

ilustrasi gambar mobil balap Ferrari 499P

Photo :
  • Ferrari

"Model 499P ini kami hadirkan untuk kemenangan langsung di seri WFC. Kami sudah memutuskan untuk berkomitmen pada proyek ini, kami memulai jalur inovasi dan pengembangan yang melihat trek sebagai medan yang ideal untuk mendorong solusi teknologi kami," ujar John melalui keterangan resmi diterima VIVA, Selasa 1 November 2022.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Menjadikan mobil balap, kendaraan anyar ini menggunakan mesin V6 twin-turbo dengan sudut silinder 120 derajat. Konfigurasi ini sama dengan mesin pada 296 GT3 sebagai penerus 488 versi balap. Ferrari menyematkan sistem hybrid untuk membuat performanya bersaing dengan Toyota, Peugeot, dan Glickenhaus.

Secara tampilan, 499P ini mengusung tema warna merah dominan pada bagian eksteriornya. Pada bagian itu, ada tambahan warna yang dihiasi oleh aksen kuning melintang membuat tampil keren seperti mobil balap masa kini. 

Untuk sorotan lainnya, model ini menunjukkan ciri khas perusahaan di bagian depan, yang pipih, rendah, dan berlekuk di area fender. Paling menonjol adalah shark fin yang tebal dan besar di atas engine cover, yang dilanjutkan dengan desain sayap belakang ganda bertingkat.

Head of Ferrari Attivita Sportive GT, Antonello Coletta menambahkan 499 ini menegaskan komitmen mereka terhadap balap ketahanan, yang merupakan bagian dari sejarah kami dan bagian dari tradisi menggunakan kompetisi seperti ini untuk menguji teknologi baru.

"Mobil ini menjadi mimpi yang nyata. Perkenalkan ini menjadi momen penting bagi semua orang yang telah bekerja keras dalam proyek ini selama dua tahun terakhir. Kami ingin memberi penghormatan kepada sejarah perusahaan dengan banyak menciptakan teknologi," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, akan ada dua unit 499P dipastikan berlaga di WEC kelas LMH tahun depan. Salah satunya akan dioperasikan oleh Ferrari AF Corse dengan nomor start #50. Sementara mobil kedua bernomor #51, yang memang sudah menjadi khas perusahaan di balap endurance.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya