Bikin Mobil Listrik Justru Bikin Pabrikan Otomotif Ini Tekor

Logo perusahaan mobil listrik Rivian
Logo perusahaan mobil listrik Rivian
Sumber :
  • Rivian

VIVA Otomotif – Di industri otomotif tengah memasuki pasar mobil berbasis listrik untuk kebutuhan konsumennya. Banyak dari mereka mulai mengembangkan dan menjual hasil produk kendaraan ramah lingkungan di berbagai negara.

Masih dalam proses perkenalan di mata dunia, ada salah satu produsen otomotif malah mengalami kerugian ketika menjual mobil listrik. Hal itu tengah dialami oleh Rivian Automotive Inc, sebuah perusahaan kendaraan roda empat asal California, Amerika Serikat

Dikutip VIVA dari Reuters, Selasa 15 November 2022, mereka telah menghabiskan dana sebesar US$492,5 juta atau setara Rp7,6 triliun pada kuartal Juli-September. Adanya pengeluaran tersebut, membuat mereka mengalami kerugian besar di industri otomotif.

Mobil listrik Rivian R1T

Mobil listrik Rivian R1T

Photo :
  • Rivian

Perusahaan memberitahu bahwa kerugian ini disebabkan bahan material dan biaya produksi mobil listrik mengalami peningkatan. Saat ini, mereka tengah berjuang untuk mencapai target pengiriman supaya bisa menutupi uang yang habis dalam waktu cepat.

Meski mengalami kerugian ratusan ribu dolar, mereka memiliki cukup uang tunai untuk menopang dirinya sendiri setidaknya hingga kuartal keempat tahun depan. Hal itu menjadi strategi mereka agar bisa bertahan di industri otomotif secara global.

Diketahui, Rivian telah memproduksi kendaraan listrik jenis pick-up yang diberi nama R1T dan segmen Sport Utility Vehicle (SUV), R1S. Kedua model tersebut diproduksi langsung di Amerika Serikat berlokasi di Normal, Illinois.

Halaman Selanjutnya
img_title