Penjualan Mobil Honda Ngedrop, 3 Mobil Ini Masih Menjadi Andalan

Booth Honda di IIMS 2022
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif  –Produsen mobil di Indonesia masih terus bersaing menggoda konsumen. Salah satunya dengan menghadirkan produk baru maupun pembaruan terhadap model untuk pasar Tanah Air.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024

Meski begitu, ada salah satu perusahaan otomotif  ternama yang mengalami penurunan penjualan adalah Honda. Perusahaan asal Jepang ini diketahui telah memasarkan beragam jenis kendaraan roda empat di Tanah Air.

Menurut data perusahaan, dikutip VIVA Selasa 15 November, pada bulan Oktober mereka mencatat penjualan retail sebanyak 11.590 unit mobil di Indonesia. Diketahui, pada bulan sebelumnya yakni September di angka 12.977 unit, hal ini mengalami penurunan 1.387 unit.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Booth Honda di IIMS 2022

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Namun secara total, penjualan mereka pada periode Januari hingga Oktober 2022 menyentuh di angka 99.983 unit, dan mengalami peningkatan sebesar 46 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Adapun model-model yang menjadi andalan dan paling laris menurut perusahaan berlogo H ini seperti Brio, HR-V, hingga BR-V.

Pertama dari model Brio yang berhasil menjual sebesar 5.528 unit (48 persen) pada bulan Oktober. Untuk detailnya, varian kendaraan roda empat ini terdiri dari Brio Satya terjual 3.938 unit dan Brio RS sebesar 1.590 unit.

Disusul oleh model All New HR-V yang berkontribusi sebesar 25 persen atau sebanyak 2.893 unit di bulan yang sama. Untuk yang ketiga, datang dari model All New BR-V yang berkontribusi sebesar 17,30 persen dari total penjualan HPM sebanyak 2.005 unit mobil.

Ketiga model tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Untuk Brio, desainnya sporty dan bernuansa dinamis seperti anak muda. Dengan model hatchback , kendaraan ini menawarkan sensasi berkendara yang lincah sekaligus mudah ketika diajak bermanuver di tempat sempit.

Sementara itu, All New HR-V mendapat banyak pembaruan, hal itu terlihat dari desainnya yang lebih modern. Kendaraan ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin yang bisa dipilih seperti kapasitas sebesar 1.500 cc, 4 silinder dan berkapasitas sama dengan tambahan turbocharge khusus varian tertinggi, yakni RS.

Terakhir, All New BR-V yang memiliki postur lebih tinggi dan panjang. Perusahaan telah melakukan peningkatan pada sektor kaki-kaki yang mencakup suspensi depan MacPherson Strut lebih kaku, dan struktur Torsion Beam bagian belakang.

BusinessBusiness Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan penjualan mobil mereka masih berdampak oleh suplai chip semikonduktor yang masih belum stabil sehingga menyebabkan kapasitas produksi menurun.

“Meskipun demikian, kami optimis pasokan komponen akan membatasi peningkatan pada awal tahun 2023, sehingga kami dapat secepat mungkin mengirimkan produk kepada konsumen,” ujar Billy.

Sebagai tambahan informasi, untuk model yang ikut menyumbang penjualan lainnya datang dari City Hatchback RS sebesar 540 unit, dan diikuti oleh New CR-V dengan 488 unit, serta Mobilio 59 unit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya