Mobil Buatan Lokal Ini Muncul di Lukisan Mural KTT G20

VIVA Otomotif: Wuling Air ev muncul di lukisan mural KTT G20 Bali
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA Otomotif – Salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orang dari Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang baru saja selesai digelar di Pulau Bali, yakni mobil dan motor yang disiapkan untuk kegiatan kenegaraan tersebut.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Pemerintah menyediakan aneka jenis kendaraan listrik untuk acara tersebut, yang didapatkan dari para agen pemegang merek. Beberapa digunakan untuk mengantar kepala negara, sementara unit lainnya dipakai sebagai kendaraan penunjang kegiatan.

Dari sekian banyak merek mobil yang berpartisipasi, ada satu yang sering jadi sorotan. Kendaraan yang dimaksud adalah Wuling Air ev, yang masuk ke dalam kategori Battery Electric Vehicle atau BEV.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Wuling Motors menyediakan 300 unit model Wuling Air ev, yang dijadikan sebagai kendaraan resmi para delegasi anggota G20 seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Turki, dan Uni Eropa.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Wuling Air ev untuk acara KTT G20

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Uniknya, mobil yang dirakit secara lokal di pabrik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Jawa Barat itu juga diabadikan di lukisan mural yang dibuat khusus untuk acara KTT G20.

Dilansir VIVA dari laman Instagram Presiden Jokowi @jokowi, Jumat 18 November 2022, pada lukisan tersebut tampak mobil listrik Wuling Air ev mejeng bersama hal-hal lain yang identik dengan Bali seperti Patung Garuda Wisnu Kencana.

Sebagai informasi, Wuling Air ev dibekali dengan sistem penggerak canggih yang tidak membutuhkan bensin. Sumber energi mobil mungil tersebut berasal dari listrik, yang disimpan di baterai 115 Volt dan berdaya 17.3 kilo Watt hours untuk tipe Standard Range.

Wuling juga menyediakan Air ev tipe Long Range, yang dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh supaya bisa digunakan untuk mencapai jarak yang lebih jauh.

Tipe standar yang ditawarkan dengan harga Rp238 juta on the road DKI Jakarta, bisa dikemudikan sejauh 200 kilometer. Sementara tipe satu lagi mampu menempuh jarak 300 km, dan dibanderol Rp295 juta OTR DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya