Persiapan Tim Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022 Diwarnai Banyak Drama

VIVA Otomotif: Persiapan Tim Mitsubishi Ralliart untuk ajang AXCR 2022
Sumber :
  • YouTube @Mitsubishi Motors Indonesia

VIVA Otomotif – Ajang Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022, akan dimulai Senin besok di Buriram, Thailand. Saat ini semua tim sudah berada di lokasi, untuk melakukan persiapan.

Terpopuler: Mobil Futuristik BYD, Viral Honda HR-V Bikin Macet

Termasuk Tim Mitsubishi Ralliart, yang sejak jauh-jauh hari sudah melakukan berbagai persiapan. Mereka akan menurunkan tiga mobil jenis Mitsubishi Triton di kelas T1 Prototype Cross-Country Vehicles.

Salah satu dari kendaraan pikap itu dikemudikan oleh pembalap Indonesia, Rifat Sungkar yang juga menjadi brand ambassador dari Mitsubishi Motors di Tanah Air.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 21 April 2024

Dikutip dari laman YouTube Mitsubishi Motors Indonesia, Minggu 20 November 2022, Rifat mengaku satu pekan lalu ia sudah menjalani sesi latihan dan persiapan kendaraan untuk menghadapi AXCR 2022.

VIVA Otomotif: Persiapan Tim Mitsubishi Ralliart untuk ajang AXCR 2022

Photo :
  • YouTube @Mitsubishi Motors Indonesia
4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

“Ini menjadi sesi testing pertama, lokasinya di Grand Prix Motor Park yang memang didesain untuk menguji kendaraan berpenggerak empat roda,” ujarnya.

Rifat mengaku, salah satu informasi yang dibutuhkan pada sesi latihan itu adalah memberikan data mengenai gaya berkendara kepada tim, untuk dianalisa dan mengubah pengaturan pada kendaraan. Pada ajang reli lintas alam tersebut, Rifat akan ditemani oleh navigator asal Thailand, Chupong Chaiwan.

“Pong sudah punya pengalaman selama 20 tahun dan fasih bahasa Inggris. Dia juga punya pengalaman dengan beberapa orang Indonesia, jadi kayak teman lama tapi baru ketemu,” tutur Rifat.

Selama sesi latihan, Rifat menuturkan bahwa ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya yakni hujan badai yang melanda area tersebut, sehingga membuat banyak tenda ambruk.

“Kalau lagi lewati genangan, airnya bisa masuk ke saringan udara. Masalahnya, pembuangan air di saringan udara ditutup. Kalau dibuka, air yang datang dari bawah bisa masuk juga. Nah ini lagi dicari caranya,” ungkap Rifat.

VIVA Otomotif: Badai saat persiapan Tim Mitsubishi Ralliart untuk ajang AXCR 202

Photo :
  • YouTube @Mitsubishi Motors Indonesia

Peristiwa lain yang tidak kalah seru, yakni ketika Rifat harus melakukan pengujian di Bangkok, untuk mengetahui performa maksimal dari mesin yang dipasang.

“Ada dua mobil, satu full spec satu lagi standar. Pas lagi dicoba, tiba-tiba ada suara keras dari bawah. Setelah dicek, ternyata driveshaft putus,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya