Segini Konsumsi Bahan Bakar Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid

All New Kijang Innova Zenix Hybrid
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Mobil yang irit bahan bakar memiliki daya tarik besar untuk dibeli oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan banyak dari mereka yang menggunakan kendaraan roda empat ini untuk aktivitas sehari-hari, dan pastinya tidak ingin terlalu mengeluarkan biaya besar.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Saat ini banyak para produsen mobil yang menghadirkan produk baru ke konsumen Tanah Air. Salah satunya dari merek Toyota yang baru saja memperkenalkan dan menjual model Kijang Innova Zenix, dengan varian hybrid.

Model tersebut diklaim perusahaan memiliki irit bahan bakar ketika digunakan. Hal itu diungkap langsung oleh Chief Engineer dari Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma. Dia mengatakan kendaraan baru ini terbilang irit dalam penggunaan bahan bakar berkat teknologi terbaru.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Interior mobil Kijang Innova Zenix terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Kijang Innova hybrid ini memiliki efisiensi bahan bakar. Kalau kami bandingkan dengan platform baru ini kenaiknya itu sekitar 50 persen efisiensi terhadap bahan bakarnya," ujar Mizuma di Jakarta Pusat, dikutip VIVA Selasa 22 November 2022.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Diketahui, mobil yang memiliki dua mesin ini memang dinilai irit bahan bakar. Pasalnya, saat berkendara di tengah kemacetan, penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak) langsung ditiadakan dan mobil bergerak menggunakan baterai. Hal itu karena mesin didesain berpindah ke motor listrik.

Mekanisme tersebut jelas sangat menghemat penggunaan , mengingat saat berada di tengah kemacetan, biasanya mobil sangat boros bahan bakar. Begitu juga saat awal menyalakannya, seluruh sistem kelistrikan mobil dioperasikan dengan tenaga baterai.

"Model ini memiliki pengeluaran emisi karbonnya itu untuk Hybrid 108 gram per km dan untuk 1 liter itu 158 gram per km," jelasnya.

Bicara soal performa, untuk model ini diklaim bisa mampu tahan segala medan jalan di Indonesia. Hal itu dikarenakan mesin yang ini memiliki kapasitas 2.000 cc berkode M20A-FXS, mampu bertenaga 152 daya pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Newton meter pada 4.400-5.200 rpm.

Apabila mesin tersebut digabungkan dengan motor listrik berdaya 113 daya dan torsi 205,9 Newton meter. Maka mesin hybrid itu mampu menghasilkan tenaga gabungan mencapai 186 daya kuda. Tenaga itu dilengkapi transmisi CVT baru 10 percepatan.

Sedikit informasi,  saat ini para konsumen sudah bisa memesan kendaraan ramah lingkungan tersebut di beberapa diler resmi Toyota. Untuk harga satu unit varian hybrid ini dibanderol mulai dari Rp458 juta sudah OTR DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya