Ester Jadi Favorit Produsen Oli Kendaraan Bermotor

Ilustrasi mengganti oli mesin mobil
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Setiap kendaraan bermotor membutuhkan oli, yang fungsi utamanya adalah sebagai pelumas dari komponen mesin supaya bisa bekerja lancar. Cairan ini perlu diganti secara berkala, agar kinerja jantung pacu tetap optimal.

Inovasi Teknologi Bridgestone Tidak Sebatas Ban Kendaraan

Dalam membuat oli, produsen menambahkan beberapa senyawa lain yang memiliki tugas berbeda. Salah satu yang populer saat ini adalah ester, yang punya sifat meminimalkan gesekan komponen sehingga kendaraan bisa menempuh jarak lebih jauh sebelum harus diganti pelumasnya.

Seperti yang dilakukan oleh PanaOil, yang baru saja meluncurkan produk baru mereka bernama Gasonx dan dikhususkan untuk kendaraan bermotor roda empat alias mobil.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

“Gasonix merupakan hasil riset mendalam dari para engineer anak bangsa di PT Pana Oil Indonesia, dalam rangkaian inovasi kami yang berkelanjutan,” ujar Vice President of B2C PosXGroup, Pudjijarto Sutjipto.

Ada 10 produk PanaOil yang dihadirkan untuk mesin kendaraan roda empat, baik yang menggunakan bahan bakar jenis bensin maupun diesel. Seluruh varian itu mengandung formula Ester Dura Technology.

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

“Formula ini memberikan daya tahan maksimum pada mesin mobil, sehingga memperpanjang masa penggantian oli sekaligus perlindungan maksimal terhadap keausan logam,” tuturnya.

VIVA Otomotif: Peluncuran produk oli PanaOil berbasis ester.

Photo :
  • Dok: PanaOil

Pudjijarto mengungkapkan, Ester Dura Technology juga mencegah serta mampu melarutkan kerak karbon deposit pada mesin, sehingga komponen mesin lebih bersih sekaligus tahan lama.

Untuk mesin bensin ada empat pilihan oli Gasonix; GX9 Series (0W-20, 5W-30, dan 5W-40) varian Fully Synthetic, GX7 Series (5W-30 dan 10W-40) varian Synthetic dan GX5 15W-40.

Sementara itu, pilihan untuk mesin diesel adalah DX9 5W-40, DX7 10W-40, Cruiser Advance Plus 15W-40, dan Cruiser HDA 40.

“Untuk produk oli pada mesin diesel memberikan perlindungan terbaik terhadap oksidasi, menangkal potensi korosif maupun abrasif pada komponen mesin, dan mampu pula membantu proses kontrol atas jelaga dan juga endapan pada suhu tinggi,” jelas Head of Development PosXGroup, Wahyu Bawono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya