Mobil Hybrid Dilirik Jadi Solusi Pengurangan Konsumsi BBM

Produksi mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia
Produksi mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia
Sumber :
  • Toyota Astra Motor

VIVA Otomotif – Saat ini mobilitas kendaraan di Indonesia mulai beralih yang tadinya bermesin konvensional menjadi elektifikasi. Banyak produsen yang mulai menghadirkan dan menjual produk ramah lingkungan kepada konsumen.

Adanya peralihan kendaraan tersebut, membuat banyak institusi yang mendukung termasuk pemerintah. Baru-baru ini, mereka melakukan kebijakan terkait kehadiran kendaraan listrik yang dikhususkan sebagai kendaraan dinas baik dari pusat maupun daerah.

Melihat kesiapan peralihan kendaraan, terutama mobil, kini secara bertahap Indonesia mulai memasuki varian hybrid. Banyak dari para produsen yang mulai menghadirkan varian tersebut kepada model unggulannya. Pasalnya, kendaraan jenis ini diklaim lebih hemat bahan bakar dari pada jenis lainnya.

Mobil hybrid MG VS

Mobil hybrid MG VS

Photo :
  • Paultan

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan teknologi (mesin) kendaraan mulai bertahap peralihan untuk menyambut net zero mission. Dan Indonesia merupakan salah satu tujuan untuk mencapai hal tersebut di tahun 2060 mendatang.

"Kalau kendaraan itu mengikuti teknologi sesuai yang tersedia oleh produsen. Jika masuk listrik, mungkin akan ditawarkan ke pasar. Tapi kalau besok nitrogen, pastinya Indonesia juga bakal mengikuti. Intinya dari kami usahakan akomodasi," ujar Taufiek saat ditemui di Jakarta Selatan, dikutip VIVA Senin 28 November 2022.

Lebih lanjut, dia memberitahu bahwa saat ini Indonesia mulai memasuki mesin hybrid yang dinilai menjadi solusi besar dalam pengurangan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Banyak keunggulan yang didapat dari mobil jenis ini, salah satu memiliki dua mesin yang menghasilkan tenaga lebih besar.

Halaman Selanjutnya
img_title