Toyota Hadirkan Fasilitas untuk Pembelajaran Kendaraan Listrik di Indonesia

Fasilitas pembelajaran Toyota bernama xEV Center di Karawang
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan listrik tengah menjadi sorotan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pasalnya, banyak dari mereka yang mulai beralih dari mesin konvensional menjadi EV (Electric Vehicle) untuk mobilitas masyarakatnya.

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Pajak Tahunannya

Adanya proses peralihan tersebut, membuat sejumlah perusahaan otomotif mulai mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan beberapa dari mereka menghadirkan fasilitas untuk memperkenalkan sejarah perusahaan.

Hal itu dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang meresmikan fasilitas bernama xEV Center, sebagai bentuk pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi. Tempat ini, berlokasi di pabrik Karawang 3, Jawa Barat dengan luas area 600 m2.

Mobil Listrik Kuasai Setengah Penjualan Kendaraan

Display mobil Toyota Prius Hybrid di Fasilitas XEV Karawang

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Kehadiran tempat tersebut bertujuan untuk memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi, pemaparan secara detail di xEV Center. Dalam memudahkan penyampaian, tempat ini terbagi ke dalam empat zona.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Adapun zona-zona yang mereka hadirkan seperti area Inisiatif Lingkungan yang terdiri dari penjelasan mengenai kondisi lingkungan secara global dasar target nasional mencapai netralitas karbon. Selain itu, zona teknologi yang pemaparan klasifikasi kendaraan ramah lingkungab.

"Kedua zona ini merupakan awal perkenalkan sebagai bentuk dasar dalam melihat perkembangan kendaraan ramah lingkungan. Untuk berkontribusi dalam penurunan gas emisi, kami menyediakan lima jenis kendaraan di antaranya, ICE HEV, PHEV,  BEV, FCEV," ujar Presenter xEV Center, Nathasya Natalia di lokasi, dikutip VIVA Rabu 30 November 2022.

Lebih lanjutnya, untuk zona selanjutnya yaitu ada ekosistem hijau dan masyarakat berkelanjutan. Kedua zona ini memiliki materi yang berbeda-beda. Misalnya saja, ekosistem hijau mengenai konsep well to wheel emission yang mudah dipahami. Bahkan terdapat display kendaraan dan charging station dapat dilihat oleh pengunjung.

Selain itu, untuk zona masyarakat berkelanjutan merupakan ringkasan kegiatan Toyota bersama Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi. Dalam zona ini terdapat sejumlah Universitas di Indonesia yang menghasilkan sejumlah penelitian bermanfaat di bidang elektrifikasi.

"Untuk zona-zona tersebut kami berusaha membuat konsep sederhana yang mudah dipahami, bahkan kami memberikan display langsung dengan penjelasan ringan bagaimana cara ekosistem ramah lingkungan. Selain itu, kami juga memberitahu apa saja bahan yang digunakan untuk membuat baterai kendaraan listrik, khususnya Toyota," tambahnya.

Sekedar informasi, xEV Center ini akan ditingkatkan fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center dengan teknologi terbaru yang fokus pada energi hijau. Di fase ini akan menghadirkan fasilitas sumber energinya berasal dari renewable energy seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), kincir angin, dan hidrogen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya