Mobil Satu-satunya di Dunia Ini Sedang Dites di Indonesia

VIVA Otomotif: Mobil listrik Toyota Kijang Innova EV dites di jalan tol.
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA Otomotif – Indonesia sudah berkali-kali menjadi tempat peluncuran perdana produk otomotif, mulai dari sepeda motor hingga mobil. Salah satu model yang baru saja dihadirkan, yaitu Toyota Innova Zenix.

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Mobil ini merupakan generasi penerus dari model Toyota Kijang, yang sudah jadi legenda di industri otomotif Tanah Air sejak era 1970-an. Berbeda dari sebelumnya, kini Innova hadir dalam varian hybrid yang lebih ramah lingkungan.

Namun sebelum Innova Zenix resmi dibuka selubungnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sempat memamerkan mobil Multi Purpose Vehicle lain yang jauh lebih canggih.

Viral Trotoar Berbayar di Jakpus, Pemuda Ambil Keuntungan dari Pemotor yang Melintas

Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Innova EV, di mana kode belakangnya menunjukkan bahwa kendaraan tersebut merupakan electric vehicle atau mobil listrik.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Toyota Kijang Innova EV dites di jalan tol.

Photo :
  • Motorbeam
Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Ini menjadi pertama kalinya model tersebut dipamerkan secara perdana, dan sampai saat ini jadi satu-satunya Innova yang tidak membutuhkan bahan bakar untuk bisa beroperasional.

Meski masih belum diproduksi untuk tujuan komersial, Toyota Kijang Innova EV Concept telah melewati tahap quality and safety assurance pengecekan internal.

Karena berbasis mobil listrik, maka tidak ada mesin konvensional dipasang di balik kap. Meski demikian, tutup tangki masih dipasang dan diduga menjadi tempat untuk memasang soket pengisian ulang daya baterai.

Perbedaan lain dari Kijang Innova biasa yakni bagian depannya yang tertutup rapat, yakni di bagian grille. Sementara itu, interiornya masih mengandalkan tujuh kursi dengan ruang kabin yang luas.

Masuk ke bagian dalam, akan terlihat kecanggihan dari mobil ikonik tersebut. Tuas transmisi konvensional digantikan dengan panel layar sentuh, yang umum dipasang di mobil listrik.

Sistem hiburannya menampilkan beragam informasi seputar status dari baterai dan motor penggerak, mulai dari kapasitas listrik yang masih tersedia hingga jarak tempuh tersisa.

Dari pantauan VIVA di media sosial, Senin 5 Desember 2022, baru-baru ini beredar bocoran foto yang memperlihatkan Innova EV dengan pelat nomor Indonesia sedang diuji di jalan tol.

Tampak mobil tersebut sama persis dengan unit yang dipamerkan beberapa waktu lalu. Sayangnya, belum ada informasi resmi terkait kapan akan ditawarkan ke konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya