Mobil Listrik Semakin Populer di Indonesia

Parade kendaraan listrik di PEVS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Para produsen otomotif saat ini sedang gencar mengembangkan mobil listrik. Sebagian dari mereka mulai menjual hasil produk kendaraan ramah lingkungan ke pasar otomotif Tanah Air.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Diketahui, saat ini sudah banyak pabrikan otomotif menawarkan kendaraan roda empat berbasis listrik kepada konsumen. Adapun model-model yang tersedia seperti Toyota bZ4X, Wuling Air Ev, DFSK Gelora E, Ioniq 5, Nissan Leaf, Lexus UX300e, serta BMW iX dan BMW i4.

Adanya penambahan model kendaraan listrik yang ditawarkan kepada konsumen, membuat penjualan mengalami pertumbuhan di industri otomotif. Hal itu menjadi bukti bahwa pasar kendaraan jenis ini mulai diminati, dan akan mengalami peningkatan seiring pabrikan menghadirkan model baru dengan harga terjangkau.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

VIVA Otomotif: Mobil listrik Wuling Air ev untuk acara KTT G20

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Menurut data data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dikutip VIVA Senin 5 Desember 2022, penjualan mobil listrik dari periode bulan Januari hingga Oktober tahun ini sudah tercatat 6.000 unit pemesanan. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun lalu kurang dari 1.000 unit.

Pengakuan Sales yang Mobil Jualannya Ditabrakkan Anak Kecil di Mall

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan industri penjualan mobil listrik di tahun ini mengalami peningkatan yang begitu pesat. Menariknya angka penjualan tersebut itu didominasi dari mobil jenis listrik murni atau berbasis baterai. Hal ini membuktikan bahwa konsumen Indonesia sudah mulai melirik kendaraan ramah lingkungan.

"Di tahun ini, mengalami peningkatan. Jadi pada tahun lalu di bawah 1.000, tahun ini sampai dengan Oktober 2022 sudah 6.000 unit. Angka Itu untuk mobil listriknya saja, murni listrik. Belum kami hitung dengan mobil jenis hybrid atau yang lainnya," ujar Nangoi.

Selain itu, dirinya memberitahu bahwa penjualan terbesar di pasar mobil listrik tahun ini datang dari merek Wuling Air EV dan Ioniq 5. Kedua kendaraan ramah lingkungan ini diketahui dibuat secara lokal, dan mengalami keunggulan masing-masing.

Salah satunya Wuling Air EV yang merupakan mobil listrik termurah saat ini di Indonesia. Meski bentuknya mini, kendaraan ini memiliki pilihan beragam warna bodi yang menjadi nilai jual. Bahkan, model ini telah disematkan fitur Keyless Entry Remote. 

Sudah resmi dijual, Wuling Air EV ini dibanderol mulai Standard Range dibanderol Rp238 juta, dan Long Range Rp295 juta. Harga-harga tersebut sudah on the road Jakarta dan bisa dipesan secara resmi di diler perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya