Para Pelanggar Lalu Lintas Bakal Apes Jika Bertemu Mobil Ini

Mobil ETLE Mobile milik Korlantas Polri.
Mobil ETLE Mobile milik Korlantas Polri.
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Otomotif – Saat ini Korlantas Polri tengah mendorong keberadaan tilang berbasis elektronik atau yang kerap disebut ETLE. Sistem akan mencatat, mendeteksi dan memotret pelanggaran kendaraan di jalan raya melalui kamera CCTV.

Kabar terbaru, Ditlantas Polda Metro Jaya mulai menguji sistem tilang elektronik ETLE mobile. Diketahui, sistem ini merupakan metode baru yang penerapan lebih disiplin berlalu lintas dengan fasilitas mobil yang disematkan kamera untuk memfoto para pelanggar.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Usman Latif mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba di sejumlah jalan protokol di kawasan Jakarta. Untuk pemantauan bakal dilakukan mulai hari ini dan akan berkeliaran di kawasan Ibu Kota.

VIVA Otomotif: Mobil patroli Polda Metro Jaya yang dilengkapi ETLE Mobile

VIVA Otomotif: Mobil patroli Polda Metro Jaya yang dilengkapi ETLE Mobile

Photo :
  • Dok: NTMC Polri

"Sudah uji coba ke masyarakat untuk melakukan pemantauan hari Rabu. Nantinya sistem ini untuk menjangkau wilayah yang tidak terdapat ETLE statis di jalan Ibu Kota," ujar Latif, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Rabu 7 Desember 2022.

Bicara soal kesiapan, dirinya memberitahu bahwa sudah ada 11 unit mobil yang dilengkapi dengan kamera tilang elektronik. Mobil-mobil tersebut akan berkeliling Jakarta untuk merekam para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

"Ya seluruh ruas jalan, nanti muter seluruh ruas jalan Jakarta, muter, ya jalur jalur protokol di Jakarta gitu aja lah. Ada 11 (unit ETLE mobile) sama Tangsel sudah ada satu," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title