Ada Mobil Listrik Baru Meluncur di Indonesia, Harganya Mulai Rp2 Miliar

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini pasar mobil listrik tengah digandrungi di industri otomotif Indonesia. Pasalnya banyak para produsen yang mulai mengembangkan sekaligus menjual kendaraan jenis ini untuk ditawarkan ke konsumennya.

Jangan Lupa, Pemutihan Pajak Kendaraan di Jakarta Cuma Sampai Tanggal Ini

Kabar terbaru, perusahaan otomotif ternama Mercedes-Benz merilis produk baru ke konsumen Tanah Air. Kendaraan roda empat itu diberi nama EQS dan EQE, sebuah mobil jenis sedan yang telah ditenagai motor listrik.

Melalui PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), kedua model tersebut hadir pertama kali sebagai mobil listrik yang dijual. Ada beragam fitur dan teknologi canggih yang disematkan pada kendaraan ramah lingkungan ini.

Penampakan dan Spesifikasi SUV Listrik Neta X yang Hadir di GIIAS 2024, Jarak Tempuh 480 Km

Secara tampilan, EQS dan EQE menawarkan desain modern dan eksterior mewah yang premium. Untuk EQS, terdapat garis coupe yang mengalir kuat mencirikan siluetnya dinamis. Bahkan lampu belakangnya dibuat bentuk spiral 3D melengkung.

Peresmian Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Berani Datangkan Sedan Listrik, Ini Alasan Aion Indonesia

Sementara, untuk EQE memadukan penampilannya yang dinamis dengan keseimbangan antara inovasi teknis dan estetika modern. Model ini telah disematkan dua bilah lampu LED di bagian depan, dan terdapat lekukan bodi yang memperlihatkan kesan kemewahan.

Untuk interior, kedua model ini telah disematkan fitur pendukung dengan teknologi masa kinim Salah satunya fitur layar sentuh yang berukuran 10 inci dibagian tengah dan 12 inci di bagian kiri dan kanan yang berfungsi mengaktifikan sistem lain di dalamnya.

Bicara soal performa, untuk EQS mengusung mesin baterai Lithium 108 kWh yang menghasilkan tenaga 333 daya kuda dengan torsi mencapai 565 Newton meter. Sementara untuk tipe EQE, menggunakan baterai dengan kapasitas lebih kecil, yakni 90 kWh, yang mampu memuntahkan tenaga 292 hp dan torsi 565 Nm.

Sebagai kendaraan listrik, kedua baterai mobil tersebut dapat terisi dari 10-80 persen dengan waktu sekitar 10 jam menggunakan charging dengan tipe AC, dan 45 menit menggunakan fast charging. Ada salah satu keunggulan dari kedua model ini yaitu dapat menempuh jarak sekitar 770 km untuk EQS. 

Sekedar informasi, Mercedes EQ dibanderol mulai Rp2,215 miliar untuk EQE 350+ Electric Art Line, Rp2,984 miliar untuk EQS 450+ Electric Art Line, dan Rp3,410 miliar untuk EQS 450+ AMG Line. Harga tersebut masih off the road.

"Hari ini sangat bersejarah bagi kami, karena bisa menemperkenalkan mobil listrik pertama kami di Indonesia. Kami memulai baru dengan mobil listrik, dengan meluncurkan Mercedes-Benz EQ. Kedua mobil listrik ini (EQS dan EQE) merupakan sedan yang elegan," ujar President Director MBDI, Choi Duk Jun di Jakarta Selatan, dikutip VIVA Kamis 8 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya