Begini Spesifikasi Mobil Listrik Seharga Rp3,4 Miliar

Interior mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Mobil listrik saat ini sudah mulai dijual ke konsumen di pasar otomotif Indonesia. Hal itu dikarenakan beberapa pabrikan kendaraan mulai mengembangkan produknya menjadi ramah lingkungan.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Kabar terbaru, salah satu perusahaan ternama Mercedes-Benz menghadirkan produk baru berupa mobil listrik pertamanya di Tanah Air. Kendaraan roda empat itu mengarah pada series EQ bernama EQS 450+ AMG Line, yang masuk di segmen sedan.

Secara tampilan, desain dari eksterior model ini memiliki garis yang lebih minim dan transisi halus pada bodi yang terlihat aerodinamis. Pada sektor pencahayaan dilengkapi dengan digital dengan 1,3 juta pixel per lampu dan Ultra Range High Beam berjarak 650 meter.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Pindah ke bagian interior, EQS ini terlihat mewah berkat comfort leather seats dengan 4-way lumbar support. Bahkan terdapat tiga layar OLED berukuran 12,3 inci (layar pengemudi), 17,7 inci (layar tengah) dan 12,3 inci (layar penumpang depan).

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Ketiga layar ini dilapisi oleh satu penutup kaca yang membuat ketiga layar tergabung menjadi satu. Hal itu membuatnya terlihat lebih modern dan terkesan mewah, untuk fungsi dari layar-layar tersebut adalah mengaktifikan sistem lain di dalamnya.

Bicara soal performa, kendaraan jenis sedan premium ini mengusung mesin baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh, yang dapat menempuh jarak 770 km. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 333 daya kuda dengan torsi mencapai 565 Newton meter.

Sebagai kendaraan listrik, baterai dari mobil tersebut dapat terisi dari 10-80 persen dengan waktu sekitar 10 jam menggunakan charging dengan tipe AC, dan 45 menit menggunakan fast charging. Perusahaan asal Jerman itu mengklaim bahwa model ini merupakan kendaraan listrik dengan jarak tempuh paling jauh untuk saat ini.

Sorotan lainnya, mobil ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih, terutama di bagian keamanan seperti Pre/safe System Distronic Active Distance Assist, dan Parktonic Active Parking Assist serta airbag di jendela dan tempat duduk belakang.

Sebagai tambahan informasi, Mercedes-Benz membanderol satu unit dari EQS 450+ AMG Line seharga Rp3,140 miliar, off the road. Deputy Director Sales Operation and Product Management PT MBDI, Hari Arifianto mengatakan model barunya ini akan mulai di kirim tahun depan kepada konsumen.

"Untuk pengiriman pertama, mobil listrik ini mulai didistribusikan tahun depan. Bagi calon konsumen yang ingin memesan, itu sudah bisa ke beberapa diler resmi kami," ujar Hari di Jakarta Selatan, dikutip VIVA Kamis 8 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya