Daftar Mobil Hybrid Buatan Lokal Terlaris di Indonesia

All New Suzuki Ertiga Hybrid
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA Otomotif – Seiring dengan keinginan pemerintah untuk memperbanyak penggunaan kendaraan elektrifikasi di tanah air, beberapa pabrikan otomotif mulai menawarkan mobil berteknologi hybrid di Indonesia,

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Berbeda dengan model yang menggunakan listrik murni dari baterai atau battery electric vehicle (BEV), mobil hybrid masih memanfaatkan bahan bakar namun digabungkan kinerjanya dengan motor listrik.

Teknologi hybrid yang dihadirkan oleh pabrikan berbeda-beda. Contohnya Suzuki, yang memutuskan untuk menerapkan mild hybrid demi mempertahankan harga jual yang kompetitif.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Sementara, merek lain seperti Toyota dan Wuling lebih memilih sistem hybrid yang lebih canggih supaya penghematan bahan bakar yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Penampakan Pertama Kali Mobil All New Kijang Innova Zenix

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Saat ini mobil berteknologi hybrid ditawarkan ke konsumen dengan harga mulai dari Rp270 jutaan, yaitu Suzuki Ertiga Hybrid tipe GX dengan transmisi manual.

Sementara untuk Wuling Almaz RS Hybrid yang belum lama ini resmi diperkenalkan di Indonesia, harga jualnya Rp470 juta on the road DKI Jakarta.

Mobil hybrid baru lain yang langsung menjadi sorotan, yakni Toyota Innova Zenix dibanderol mulai dari Rp458 jutaan. Uniknya, ketiga model tersebut sudah diproduksi secara lokal. Lantas, mana yang paling laku?

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Kamis 15 Desember 2022, khusus di bulan November kemarin ada 372 unit Suzuki Ertiga Hybrid yang dikirim dari pabrik ke diler.

Sementara untuk model Wuling Almaz RS Hybrid, pada bulan kemarin didistribusikan dari pabrik ke diler sebanyak 65 unit. Untuk model Toyota Innova Zenix Hybrid, totalnya di bulan yang sama yaitu 624 unit.

VIVA Otomotif: Wuling Almaz Hybrid

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Sebagai informasi, pemerintah berencana untuk memberikan insentif bagi konsumen yang hendak membeli mobil hybrid. Tujuannya, untuk menarik minat masyarakat beralih ke kendaraan yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Saat ini statusnya sedang dalam tahap persiapan, termasuk menentukan besaran subsidi. Namun, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa kisaran insentif untuk mobil hybrid yakni Rp40 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya