Mobil Low SUV Alami Pertumbuhan, Ini Model yang Terunggul

Toyota Rush GR Sport.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA Otomotif – Perkembangan jenis kendaraan khusus mobil mengalami penambahan model di industri otomotif. Pasalnya, banyak pabrikan yang mulai mengembangkan sekaligus memproduksi mobil baru untuk kebutuhan konsumen.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kabar terbaru, saat ini tengah naik daun mobil jenis Low SUV atau Sport Utility Vehicle di pasar otomotif, terutama di Indonesia. Hal itu dikarenakan kendaraan roda empat jenis tersebut memiliki keunggulan yakni tangguh di segala medan.

Terkait penjualan, mobil Low SUV ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Menurut data Gaikindo, dikutip VIVA Senin 19 Desember 2022, volume penjualan dari jenis ini mencapai 13.896 unit periode November.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

VIVA Otomotif: Mitsubishi New Xpander Cross

Photo :
  • Dok: MMKSI

Angka tersebut lebih besar jika dibandingkan sebulan sebelumnya 12.056 unit, dan menguasai pasar 15,2 persen dari total pasar mobil di Tanah Air. Alhasil, kendaraan jenis ini berhasil menjadi salah satu penyumbang penjualan paling besar.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Lantas, model apa saja yang diminati? dari data tersebut, penjualan pada posisi pertama datang dari merek Toyota dengan model Rush yang mencatat penjualan 4.492 unit. Setelah itu diikuti oleh Mitsubishi Xpander Cross dengan 2.501 unit, dan Daihatsu Terios berhasil 2.375 unit.

Pada posisi keempat dan kelima diisi oleh Honda BR-V dalam penjualan 2.274 unit dan Suzuki XL-7 sekitar 1.504 unit. Dari beberapa model tersebut, ada yang mengalami kenaikan dan penurunan dari bulan sebelumnya.

Bicara soal model yang terunggul penjualan di Low SUV, Toyota Rush hadir dengan tujuh kursi. Untuk dimensi kendaraan itu memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm, serta jarak sumbu roda 2.685 mm.

Model ini juga disematkan kekuatan mesin yang terunggul di kelasnya dengan mengusung Dual VVT-i, 4 silinder 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 104 daya kuda dengan torsi mencapai 136 Newton meter.

Sekadar informasi, untuk harga satu unit model terbaru itu dibanderol mulai Rp278 juta pada varian terendah, sementara untuk tertinggi Rp302 juta, dan sudah on the road DKI Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya