Pasar Mobil SUV di Indonesia Mengalami Peningkatan

Mobil konsep Honda SUV RS dipamerkan di GIIAS 2021.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif – Perkembangan jenis kendaraan mobil mengalami penambahan model di industri otomotif. Pasalnya, banyak pabrikan yang mulai mengembangkan sekaligus memproduksi mobil baru untuk kebutuhan konsumen.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Kabar terbaru, saat ini tengah naik daun mobil jenis SUV atau Sport Utility Vehicle di pasar otomotif, terutama di Indonesia. Hal itu dikarenakan kendaraan roda empat jenis tersebut memiliki keunggulan yakni tangguh di segala medan.

Perihal pasar di segmen tersebut, mobil SUV mengalami pertumbuhan pesat dari tahun ke tahun.  Berdasarkan data penjualan di tahun 2020 dan 2022 (hingga bulan November), segmen ini mengalami peningkatan penjualan sebesar 92 persen.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Tampilan beberapa model mobil Honda

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Pertumbuhan tersebut didukung oleh dengan hadirnya berbagai model baru di kelas Small SUV di Indonesia. Diketahui, segmen tersebut berkontribusi terhadap peningkatan penjualan SUV dengan 32.353 unit terjual.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Tidak hanya mengandalkan performa dan tanggguh di segala medan jalan, model ini juga keunggulan lainnya. Adapun kelebihannya seperti kapasitas penumpang dapat tujuh orang, dirancang sangat nyaman, dan terdapat fitur yang berlimpah.

Oleh karena itu model SUV menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Tanah Air untuk mobilitas keseharian. Ditambah dengan harga yang terjangkau membuat jenis ini diminati oleh calon konsumen.

Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor, Ferdianto Budiono mengatakan pasar otomotif Indonesia mengalami peningkatan di mana penjualan mobil di segmen SUV berhasil menjadi produk yang paling banyak terjual. Bahkan sudah mengalahkan jenis lainnya seperti sedan dan pick-up.

"Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menghadirkan produk SUV yang kami sesuaikan dengan kebutuhan serta karakter konsumen yang ada di Indonesia," ujar Ferdianto di Bali, dikutip VIVA Rabu 21 Desember 2022.

Diketahui, PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki beragam model dalam meramaikan segmen tersebut. Beberapa dari produk yang mereka buat mempunyai karakter dan keunggulan masing-masing di kelasnya. Salah satunya mobil baru mereka yakni WR-V.

"Karakter mobil Honda WR-V ini sejalan dengan ciri khas dari SUV Honda yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ingin performa mesin bertenaga, teknologi dan fitur yang canggih, ruang kabin yang luas dan nyaman serta memiliki ground clearance yang tinggi," tambahnya.

Untuk harga, perusahaan berlogo H ini menawarkan WR-V di Indonesia dibanderol dengan harga berbeda, untuk tipe E CVT seharga Rp271,9 juta. Sementara tipe RS CVT Rp289,9 juta, dan with Honda Sensing Rp309,9 juta, semua harga tersebut sudah OTR DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya