Toyota Alami Pertumbuhan Produksi, Chip Semikondutor Mulai Aman Terkendali

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.
Sumber :
  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

VIVA Otomotif – Saat ini produksi kendaraan khususnya mobil mulai mengalami peningkatan, salah satunya Toyota Motor Corp. Perusahaan asal Jepang ini memberitahu perihal produksinya di industri otomotif selama tahun ini.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Menurut laporan perusahaan, mereka berhasil menaiki produksi kendaraan global sebesar 1,5 persen menjadi 833.104 unit mobil. Angka tersebut merupakan rekor baru bagi perusahaan sebelum pergantian akhir tahun 2022.

Pabrikan yang terkenal dengan mobil sejuta umat ini mengumumkan selain produksi lokal, mereka mencatat pertumbuhan tersebut terasa di luar negara Jepang yakni naik 3,8 persen ke level tertinggi sepanjang masa, yakni 566.930 kendaraan.

Horor! Kecelakaan Terjadi Lagi di Tol Cikampek, Kali Ini Mobil Terbalik di KM 57

Pabrik Toyota Astra Motor di Kawasan Industri Karawang

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Penjualan dan produksi global pada November melebihi tahun lalu karena permintaan yang kuat terutama di Amerika Utara dan pemulihan pasokan suku cadang yang terkena dampak COVID-19," ujar orang internal perusahaan, dikutip dari laman Investing, Senin 26 Desember 2022.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Perlu diketahui, Toyota sebelumnya sempat memperkirakan akan membuat 9,7 juta unit mobil pada tahun fiskal ini. Namun, angka tersebut terpaksa diturunkan karena ada masalah kenaikan biaya bahan dan kekurangan semikonduktor, pada bulan November lalu.

Meski begitu, mereka masih unggul dari produksi tahun lalu yang berada di angka 8,6 juta unit. Hal itu membuktikan bahwa pertumbuhan kendaraan alami peningkatan kembali setelah pandemi Covid-19 yang terjadi awal tahun 2020.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Toyota Indonesia membukukan whosales dari periode Januari hingga November tahun ini tercatat sebesar 303.282 unit, atau tumbuh 15,3 persen dibanding tahun lalu sebelumnya sebesar 263.061 unit.

Sementara itu, untuk retail sales dengan periode yang sama tercatat sebesar 292.138 unit, naik 14 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 256.259 unit. Angka tersebut didukung dengan produk mobil baru yang ditawarkan oleh konsumen.

Sekadar informasi, Toyota telah meluncurkan beragam kendaraan baru untuk para pelanggan di Tanah Air. Adapun model-modelnya seperti Toyota bZ4X, Kijang Innova Zenix Hybrid, New Fortuner, All New Land Cruiser, All New Foxy, dan New Calya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya