Taksi Terbang Siap Lepas Landas Perdana di Inggris

VX4, taksi terbang pertama asal Inggris
VX4, taksi terbang pertama asal Inggris
Sumber :
  • Travel Tomorrow

VIVA Otomotif – Taksi terbang perdana Inggris akan lepas landas pada tahun depan. Saat ini taksi masih dalam tahap pengujian. Dilansir dari Daily Mail, Selasa 27 Desember 2022, taksi tersebut bisa membawa empat penumpang dengan satu pilot. 

Penampilan taksi terbang ini pertama kali dipamerkan di Farnborough Air Show selama musim panas. Sebuah model prototipe telah melakukan serangkaian tethered hovers – terbang kurang dari lima kaki saat menempel di darat dengan durasi 10 menit.

Tahap selanjutnya akan menguji coba mesin listrik yang dibuat oleh Vertical yang diawali sederet tes tanpa kabel pada ketinggian 50 kaki (sekitar 15 meter) dan kecepatan 25 mil per jam. 

VX4, taksi terbang pertama asal Inggris

VX4, taksi terbang pertama asal Inggris

Photo :
  • evtol.news

Di akhir tahun, rencananya taksi terbang yang diberi nama VX4 ini akan dicoba untuk terbang lebih tinggi dan cepat dengan ketinggian antara 1.524 meter hingga 3.048 meter disertai kecepatan 80 mil per jam.

Prototipe tersebut sebagian besar dirancang di perusahaan penerbangan GKN di Bristol dan diselesaikan di fasilitas pengujian Vertical di Cotswolds. Pengujian ini nantinya akan mendapatkan sertifikasi pada tahun 2025 ketika produksi skala penuh diperkirakan bakal dimulai. 

Vertical yang berbasis di Bristol terdaftar di bursa saham New York Desember tahun lalu dengan valuasi 1,8 miliar poundsterling. Namun sejak itu turun tajam di tengah penurunan besar untuk saham teknologi. 

Halaman Selanjutnya
img_title