Mobil-mobil Ini Bakal Meluncur di Indonesia Tahun 2023?

Pameran Otomotif IIMS
Sumber :
  • IIMS

VIVA Otomotif – Saat ini pasar mobil baru mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, setelah berangsurnya pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan para produsen yang menghadirkan kendaraan baru dengan teknologi canggih untuk ditawarkan konsumen.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Memasuki pergantian tahun baru 2023, banyak para perusahaan otomotif termasuk mobil tengah menyiapkan produk baru ke pasar Tanah Air. Beberapa dari mereka menawarkan beragam mobil ke calon konsumennya mulai dari SUV, MPV, hingga sedan.

Lantas, pabrikan mana saja yang akan menghadirkan mobil baru di tahun ini? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Senin 2 Januari 2023, ada beberapa mobil yang diperkirakan akan siap mengaspal di Indonesia.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

VIVA Otomotif: mobil konsep Mitsubishi XFC Concept

Photo :
  • Dok: Mitsubishi

1. Mitsubishi XFC
Mobil baru pertama yang akan hadir di Indonesia datang dari Mistubishi dengan model XFC. Kendaraan roda empat itu berjenis SUV atau Sport Utility Vehicle dan statusnya saat ini masih konsep.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Diketahui, model ini akan disematkan teknologi keamanan terkini yang berhasil dikembangkan oleh perusahaan. Tak hanya itu saja, nantinya kendaraan ini akan mengutamakan desain interior yang nyaman  untuk calon pemilik.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura mengatakan mobil konsep itu diperkenalkan terlebih dahulu di Vietnam, baru kemudian dibawa ke negara lainnya termasuk Indonesia.

"Kami ingin berbagi informasi menyenangkan, bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal tahun 2023,” ujarnya.

2. Wuling Alvez
Produk mobil baru selanjutnya datang dari Wuling yang akan memboyong model Alvez di Indonesia tahun ini. Diperkirakan model tersebut akan menjadi SUV dengan kapasitas lima penumpang bermesin 1.500 cc.

Kehadiran model baru ini terungkap dari dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM, SAIC-General Motor-Wuling Automobile Co.m Ltd mendaftarkan nama produk terbaru mereka, 13 Agustus 2022.

Nama yang dipatenkan adalah Wuling Alvez dengan nomor permohonan DID2022060541, tidak ada informasi terkait spesifikasi mobil tersebut. Namun diduga akan menyasar segmen SUV yang nanti bersaing dengan model lain seperti Hyundai Creta.

3. Dua Mobil Hybrid Honda

Teknologi Honda e:HEV di GIIAS 2022

Photo :
  • Dok: HPM

Beberapa waktu lalau, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia mengumumkan akan menghadirkan dua mobil hybrid ke konsumennya.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan pihaknya akan membawa dua model sekaligus mobil jenis hybrid di Indonesia. Rencana ini diharapkan bisa membantu mendukung gaya hidup ramah lingkungan karena bisa mengurangi emisi gas buang.

"Tahun depan dua model hybrid akan kami keluarkan dan dua varian e (elektrifikasi) lainnya, termasuk ada produksi lokal," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy beberapa waktu lalu.

Banyak yang mengira kedua model tersebut merupakan model dari Accord e:HEV atau CR-V e:HEV. Hal itu diungkap oleh perusahaan asal Jepang ini memperkenalkan dua model tersebut di pameran ternama di GIIAS tahun lalu.

4. Suzuki Hybrid
Sama dengan Honda, Suzuki akan membawa mobil baru dengan varian hybrid di Indonesia. Rencana ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah yang ingin masyarakatnya menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

"Rencana tahun depan kami akan perkenalkan produk baru, dan cukup siap dalam hal tersebut. Untuk mobil (hybrid) kami tentunya ada rencana, tapi untuk model seperti apa nanti akan kami informasikan pada saatnya," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

Masih dalam rencana, banyak pecinta otomotif mengira bahwa model tersebut adala XL7 yang ditawarkan mesin hybrid. Informasi ini sebelumnya sudah ada sejak 2022, yang diperkirakan akan menggunakan  teknologi sama seperti Ertiga.

5. Daihatsu Sedan

VIVA Otomotif: Mobil baru Daihatsu terdaftar hak ciptanya di Indonesia

Photo :
  • Tangkapan layar

Baru-baru ini, Daihatsu baru saja mendapatkan hak cipta, untuk produk mobil baru mereka yang didaftarkan di Indonesia. Kendaraan itu berbeda dengan model yang sudah mereka hadirkan sebelumnya.

Berdasarkan penelusuran VIVA di laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, mobil baru tersebut mengusung desain sedan. Hal ini menjadi pertama kalinya bagi perusahaan menghadirkan mobil sedan di Indonesia.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait mobil baru yang akan ditawarkan perusahaan asal Jepang ini. Namun diperkirakan, produk yang didaftarkan hak ciptanya di Indonesia tersebut memiliki kesamaan dengan Toyota Vios baru, yang resmi diluncurkan beberapa bulan lalu di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya