Lama Ditunggu, Mobil SUV Ikonik Ini Akhirnya Bisa Dipesan

VIVA Otomotif: Suzuki Jimny lima pintu
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA Otomotif – Ada satu mobil yang menjadi sorotan masyarakat Indonesia, dan sempat membuat gempar pasar otomotif nasional sekitar tiga tahun lalu. Kendaraan yang dimaksud adalah generasi terbaru, dari model Suzuki Jimny.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Peminat mobil yang masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV itu sangat banyak, sampai membuat Suzuki kewalahan memenuhi permintaan. Hal itu terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain tipe standar, Suzuki Jimny saat ini juga hadir dalam versi yang lebih murah dan dijual khusus di Australia. Pabrikan asal Jepang itu dikabarkan berencana membuat versi lain, yang bisa menampung lebih banyak penumpang.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Kabar mengenai Suzuki Jimny versi tujuh penumpang sudah beredar sejak dua tahun lalu, namun baru pada awal tahun ini pabrikan resmi meluncurkan versi produksi massalnya.

Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Dilansir dari laman Gaadiwaadi, Sabtu 14 Januari 2023, Suzuki Jimny edisi lima pintu resmi dipajang di pameran Auto Expo 2023 yang digelar di India dan sudah bisa dipesan oleh konsumen di negara tersebut.

VIVA Otomotif: Bocoran Suzuki Jimny versi 7 penumpang

Photo :
  • Rushlane

Sama seperti generasi sebelumnya, model ini dibangun menggunakan platform ladder frame di mana bodi dan sasis dibuat secara terpisah. Teknik ini umum dipakai pada kendaraan yang sering digunakan di medan offroad.

Tampilannya tidak jauh berbeda dari Suzuki Jimny versi lima penumpang, hanya saja dimensinya lebih panjang dan jumlah pintu bertambah dua.

Meski desain eksteriornya terlihat klasik, namun tidak demikian dengan bagian dalamnya. Suzuki menyematkan beragam teknologi terbaru, untuk memanjakan pengemudi maupun penumpang seperti koneksi ke ponsel Android dan Apple.

VIVA Otomotif: Suzuki Jimny lima pintu

Photo :
  • Gaadiwaadi

Karena dirancang untuk penggunaan offroad, maka fitur penggerak empat roda serta Limited Slip Differential atau LSD wajib ada pada mobil ini. Ditunjang dengan sistem pengereman ABS dan kontrol stabilitas.

Jantung pacunya mengandalkan mesin empat silinder K15B dengan tambahan teknologi Mild Hybrid, yang mampu menghasilkan 104 daya kuda dan torsi 135 Newton meter. Konsumsi bahan bakarnya diprediksi mencapai 20 kilometer per liter.

Maruti Suzuki belum mengungkapkan harga dari model baru ini, namun dikabarkan banderolnya mulai dari satu juta Rupee atau setara Rp188 jutaan. India menjadi negara pertama yang jadi wilayah pemasaran, lalu diikuti negara-negara lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya