Setengah Juta Mobil Buatan Indonesia Laku di Berbagai Negara

Ekspor mobil buatan Toyota Indonesia.
Sumber :
  • Dok: TMMIN

VIVA Otomotif – Sejak era 1970-an, Indonesia memproduksi sendiri mobil-mobil untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Seiring bertambah besarnya pasar, kapasitasnya juga meningkat.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Kini, unit yang dirakit tidak hanya dipasarkan secara lokal saja, namun juga dikapalkan ke luar negeri. Ini membuktikan, bahwa industri otomotif Tanah Air sudah bisa membuat kendaraan dengan standar internasional.

Selain menyumbang devisa, ekspor unit dalam kondisi utuh maupun terurai menjadi bukti bahwa mobil buatan Indonesia tidak hanya jago kandang saja, namun juga dipercaya oleh banyak orang di seluruh dunia.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Sabtu 14 Januari 2023, pada tahun lalu ada  1.470.146 unit kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang diproduksi di dalam negeri.

Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Jumlah tersebut lebih tinggi 31 persen, jika dibandingkan dengan 2021 yang tercatat sebesar 1.121.967 unit. Dari angka tersebut, sebagian besar dipasarkan di dalam negeri.

Ekspor Mobil Indonesia Meningkat

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Namun, pada 2022 ada setengah juta unit mobil dan kendaraan bermotor roda empat lainnya yang dikapalkan ke luar negeri untuk memenuhi permintaan konsumen di negara lain.

Rinciannya yakni 473.602 unit dikirim dalam wujud utuh atau completely built up (CBU), dan 96.541 unit dikirim dalam kondisi terurai alias completely knock down (CKD).

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, maka jumlah kendaraan yang diekspor dalam kondisi CBU pada tahun lalu naik 60,7 persen, sedangkan CKD juga lebih tinggi lima persen.

Selain itu, beberapa produsen otomotif yang tergabung dalam Gaikindo juga mengirim komponen yang jumlahnya pada 2022 sebanyak lebih dari 160 juta piece. Sementara di tahun 2021, totalnya hanya 80 jutaan piece.

Ekspor Mobil Indonesia ke Vietnam Terhambat

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Daihatsu menjadi pabrikan otomotif yang paling banyak mengirim kendaraan buatan Indonesia ke luar negeri secara CBU, totalnya di 2022 mencapai 160 ribuan unit. Kemudian diikuti oleh Toyota, dengan angka 134 ribuan unit.

Peringkat tiga diisi oleh Mitsubishi dengan total 65 ribuan unit kendaraan yang diekspor secara CBU, lalu di bawahnya ada Suzuki dengan total 50 ribuan unit selama 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya