6 Truk Baru Hino Disematkan Teknologi Canggih

VIVA Otomotif: Peluncuran truk Hino500 Series Ultimate Safety Model di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, yakni kondisi jalan yang licin. Kendaraan bisa selip dan hilang kendali, apabila pengemudi harus melakukan pengereman mendadak.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Kondisi itu diperparah, apabila dimensi dan bobot kendaraan tersebut terbilang besar seperti truk pengangkut BBM atau bahan kimia berbahaya. Untuk mencegahnya, diperlukan teknologi yang disebut dengan nama Anti-lock Braking System atau ABS.

Seperti yang dilakukan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia, yang baru saja meluncurkan truk terbaru dengan sistem ABS dan dipergunakan untuk pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3).

Truk Kontainer Bermuatan Kayu Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Total ada 6 model Hino500 Series Ultimate Safety Model yang diluncurkan pada hari ini, yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.

VIVA Otomotif: Peluncuran truk Hino500 Series Ultimate Safety Model di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Adanya teknologi ABS bisa mencegah ban terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak, dan berfungsi menjaga traksi atau daya cengkeram ban sehingga kendaraan dapat tetap dikendalikan dan lebih aman. Peranti ini merupakan salah satu persyaratan, bagi perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak.

Tidak hanya itu saja, khusus untuk Hino500 Series Ultimate Safety Model juga dilengkapi lampu Daytime Running Light LED demi meningkatkan visibilitas truk, agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Model baru itu juga dibekali dengan AC serta power window, dan untuk meminimalkan biaya operasional terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga pemakaian saringan diesel lebih lama dan biaya perawatan kendaraan lebih efisien.

"Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS langsung bawaan dari pabrik, sehingga tidak perlu repot lagi untuk penambahan atau modifikasi yang memakan biaya besar,” ujar Presiden Direktur HMSI, Ungkap Masato Uchida di Jakarta Pusat, Rabu 18 Januari 2023.

Bersamaan acara peluncuran truk baru itu, HMSI juga menggelar pengumuman pemenang kegiatan kompetisi Hino Dutro Bisnis Proposal Competition dan Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) batch 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya