Ini Mobil Buatan Toyota Indonesia yang Paling Laku di Luar Negeri

Mobil Toyota Buatan Indonesia siap di Eksport ke Luar Negeri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA Otomotif – Industri otomotif Indonesia tidak hanya tumbuh di dalam negeri saja, namun juga memberi kontribusi besar pada pemasukan negara melalui ekspor.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Seperti yang ditunjukkan oleh Toyota Indonesia, yang mencatatkan rekor pertumbuhan baru performa ekspor kendaraan hampir 297 ribu unit sepanjang Januari hingga Desember 2022.

Pencapaian itu lebih tinggi 58 persen, dibandingkan dengan kinerja ekspor di tahun sebelumnya. Performa ekspor Toyota Indonesia tersebut memberikan kontribusi sebesar 63 persen, terhadap total ekspor kendaraan secara utuh atau completely built up yang angkanya diketahui sebesar 473.602 unit.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

VIVA Otomotif: Ekspor mobil buatan Indonesia

Photo :
  • Dok: TMMIN

Ratusan ribu unit kendaraan Toyota buatan anak bangsa itu diterima dengan baik oleh konsumen mancanegara, yang ada di lebih dari 80 negara.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Uniknya, pencapaian ini merupakan rekor tertinggi aktivitas pengiriman kendaraan Toyota ke pasar internasional, sejak tahun 1987 hingga tahun 2022.

Selama lebih dari tiga dasawarsa, Toyota Indonesia telah mengirimkan 2,3 juta unit kendaraan ke berbagai negara tujuan ekspor, dan Toyota Fortuner menempati posisi sebagai kontributor ekspor terbesar hingga 578 ribu unit sejak pengiriman perdananya.

“Selama 35 tahun kami menginisiasi ekspor perdana kendaraan Toyota Indonesia buatan anak bangsa, dengan mengirimkan Kijang hingga akhirnya berhasil mengirimkan 297 ribu unit kendaraan sepanjang 2022,” ujar Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 25 Januari 2023.

Bob menuturkan, Toyota Veloz yang baru diperkenalkan pada tahun lalu menjadi kontributor terbesar ekspor TMMIN sepanjang 2022, dengan jumlah 70 ribu unit.

VIVA Otomotif: Ekspor mobil buatan Indonesia

Photo :
  • Dok: TMMIN

“Di tengah ancaman perlambatan ekonomi global pun, Toyota Indonesia tetap menargetkan pertumbuhan kinerja ekspor tahun 2023 akan naik sebesar 5 persen,” tuturnya.

Berikut daftar jenis kendaraan Toyota yang diekspor dari Indonesia pada tahun lalu:

1. Tipe SUV (Fortuner, Rush, Raize) – 149.200 unit
2. Tipe MPV (Kijang Innova, Sienta, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz) – 101.000 unit
3. Tipe Sedan, Hatchback, LCGC (Vios, Yaris, Agya) – 46.800 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya