Ada Kabar Mengejutkan Daihatsu soal Xenia

VIVA Otomotif: Booth Daihatsu di GIIAS Semarang 2022
Sumber :
  • Dok: ADM

VIVA Otomotif – Daihatsu pada hari ini memulai proses pembangunan pabrik baru mereka yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Ini merupakan bagian dari rencana mereka, untuk perluasan fasilitas produksi yang ada di wilayah itu.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Bersamaan dengan acara tersebut, perusahaan asal Jepang itu membuat pengumuman yang cukup mengejutkan. Hal itu diutarakan langsung, oleh Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.

Perempuan yang akrab disapa Agung itu mengatakan, bahwa ada satu tipe mobil Daihatsu yang tidak lagi diproduksi oleh ADM mulai tahun ini. Kendaraan yang dimaksud adalah Daihatsu Xenia generasi lama, yang masih menggunakan penggerak roda belakang alias rear wheel drive.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

“Per Januari ini kami tidak memproduksi lagi Xenia RWD,” ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Kamis 2 Februari 2023.

Agung mengaku, bahwa Xenia model lama yang masih menggunakan sistem penggerak roda belakang biasa dibeli oleh konsumen untuk keperluan armada alias fleet.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Sebagai pengganti dari tipe itu, ADM sedang menyiapkan Xenia baru tipe M yang dibekali oleh transmisi manual dan hanya menggunakan komponen dasar saja.

VIVA Otomotif: Daihatsu Xenia M 1.3

Photo :
  • Dok: ADM

Meski fasilitas yang disediakan terbilang minim, namun pemilik tetap untung karena model baru sudah menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture yang lebih ringan namun tetap kokoh, serta irit pemakaian bensinnya.

Berbeda dari tipe lain, Xenia M disematkan roda berukuran 15 inci dengan pelek kaleng. Harga jualnya Rp218 jutaan, dengan status on the road DKI Jakarta.

Jantung pacunya mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.300cc, yang bisa menghasilkan 97 daya kuda dan torsi 121 Newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya