Tips Jitu Bertransaksi Aman di Situs Jual Beli Mobil Bekas Online

Mobil bekas
Sumber :
  • Mobbi member of ASTRA

VIVA – Beragam situs jual beli mobil bekas kini tersedia berbagai pilihan. Calon pembeli mobil bekas dapat memilih berbagai mobil yang ditawarkan sesuai dengan anggaran dan keinginan.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Di balik itu semua, tentunya calon pembeli juga harus teliti dan jeli memilih mobil bekas yang ditawarkan. Hal ini untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan saat proses jual beli sudah dilakukan.

Tips-Tips Aman Beli Mobil Di Situs Jual Beli Online
Bagi kamu yang sedang berburu mobil bekas, beberapa hal di bawah ini bisa diterapkan untuk menghindari penipuan saat jual beli secara online.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

1. Pilih situs jual beli terpercaya
Saat ingin mencari mobil bekas secara online, pastikan situs yang kamu kunjungi adalah situs yang terpercaya dan aman. Banyak pilihan situs jual beli mobil bekas online seperti mobbi, OLX, dan lain-lain. 

2. Cari informasi mobil yang diinginkan
Saat membeli mobil, tentunya Kamu harus mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang mobil yang akan dibeli. Jangan tergiur dengan iming-iming harga murah dan aksesoris tambahan pada mobil. 

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Pembeli hendaknya memastikan bahwa deskripsi mobil dan keterangannya sesuai dengan keadaan mobil sebenarnya. 

3. Cek surat kendaraan
Selain mengecek keadaan mobil,tentunya yang tak kalah pentingnya adalah mengecek kelengkapan dokumen. BPKB, STNK, dan dokumen penting lainnya harus sesuai dengan keadaan mobil. Jangan sampai mobil yang didapat adalah mobil curian.

Pastikan juga apakah terdapat tunggakan pada mobil yang diinginkan. Kamu bisa berdiskusi dengan teman yang mengerti tentang hal ini. Jika masih ada tunggakan pajak, tentukan harga mobil bisa lebih murah.

4. Manfaatkan layanan inspeksi mobil
Jika situs menyediakan layanan inspeksi mobil, Kamu sebaiknya memanfaatkannya. Hal ini untuk meyakinkan Kembali apakah kondisi mobil yang diinginkan benar-benar sesuai dengan deskripsi atau tidak.

5. Gunakan transaksi COD
Demi keamanan dan kenyamanan, hendaknya pembeli dan penjual melakukan transaksi dengan sistem COD atau secara langsung. Transaksi bisa dilakukan di lokasi yang telah disepakati.

Jika memungkinkan, transaksi bisa dilakukan di rumah penjual langsung. Sehingga bila terjadi sesuatu di luar kesepakatan, pembeli dapat melakukan komunikasi dengan mudah dengan si penjual. Jika 

6. Hindari DP
Seperti proses jual beli online lainnya, sebaiknya calon pembeli menghindari transaksi DP. Pembayaran DP hendaknya dilakukan saat pembeli sudah benar-benar memastikan keadaan mobil secara langsung.

Biasanya, penjual mobil bekas nakal memberikan iming-iming mobil dengan harga istimewa, dan pembeli diminta mentransfer sejumlah uang untuk tanda jadi pembelian mobil.

Jika sudah menemukan seperti ini, tentunya kamu sebagai pembeli harus sudah mulai curiga. Jadilah pembeli pintar yang tidak mudah ditipu oleh penjual “nakal” seperti ini.

Nah, beberapa tips sederhana diatas bisa diterapkan agar transaksi jual beli mobil bekas kamu tetap aman. Jika transaksi aman, mobil bekas impian siap menemani mobilitas harian kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya