Kisah Mobil Satu-satunya Menteri Dhuafa di Era Orba

VIVA Otomotif: Mobil satu-satunya mantan menteri Sarwono Kusumaatmadja
Sumber :
  • YouTube @kangdedimulyadichannel

VIVA Otomotif– Banyak yang beranggapan, bahwa menjabat sebagai menteri akan mendatangkan banyak fasilitas dan kemakmuran. Hal itu ditepis oleh Sarwono Kusumaatmadja, mantan Menteri Lingkungan Hidup di era pemerintahan Presiden Soeharto.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Pria yang lahir di Jakarta namun berasal dari suku Sunda itu mengaku, bahwa ia adalah menteri dhuafa di era Orde Baru alias Orba. Hal itu diutarakan, saat tampil di kanal YouTube milik anggota DPR, Dedi Mulyadi.

Dikutip dari akun YouTube @kangdedimulyadichannel, Selasa 7 Februari 2023, Sarwono yang saat ini berusia 79 tahun menerima kunjungan dari eks Bupati Purwakarta itu di rumahnya yang terbilang sederhana untuk ukuran mantan pejabat.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

“Pak Sarwono ini seorang idealis saat dulu jadi menteri, dan yang paling utama adalah sederhana. Bahkan Pak Sarwono bilang ke saya, menteri dhuafa di era Orba,” ujar Dedi Mulyadi dalam video.

VIVA Otomotif: Mobil satu-satunya mantan menteri Sarwono Kusumaatmadja

Photo :
  • YouTube @kangdedimulyadichannel
Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Salah satu kesederhanaan Sarwono, kata Dedi yakni terlihat dari mobil yang ada di garasinya. Kendaraan tersebut adalah Suzuki Grand Escudo rakitan 2006, yang sampai saat ini masih jadi andalan adik dari mantan Menteri Luar Negeri, Mochtar Kusumaatmadja tersebut.

Grand Escudo merupakan versi pengembangan dari Suzuki Escudo, yang pertama kali diperkenalkan pada 1994 dan menjadi varian dari Suzuki Vitara.

Mobil ini pernah diproduksi secara lokal, di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. 2006 menjadi tahun terakhir, dari pembuatan Grand Escudo di Tanah Air.

Jantung pacunya mengandalkan mesin enam silinder berkapasitas 2.500cc, yang menghasilkan 156 daya kuda serta torsi 213 Newton meter.

Sebagai informasi, Sarwono juga mengaku bahwa rumah yang ditempati saat ini bukan miliknya, namun kepunyaan salah satu anaknya.

Ketika masih menjabat sebagai menteri, Sarwono menuturkan bahwa ia pernah memiliki barang-barang bernilai. Namun, semua itu kemudian direlakan untuk membiayai pengobatan mendiang istri, yang menderita penyakit kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya