Siang Ini Mobil Baru Mengaspal di Jakarta, Pertama di Dunia

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA Otomotif – Siang hari ini, Senin 13 Februari 2023 Jakarta akan menjadi saksi kehadiran mobil baru, yang bakal diluncurkan secara resmi oleh PT Toyota-Astra Motor. Proses pembukaan selubung akan dilakukan di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Dari undangan yang diterima VIVA, diketahui bahwa peluncuran mobil baru itu akan menjadi yang pertama dilakukan di dunia. Hal ini umum dilakukan, pada model yang dirancang khusus untuk konsumen di Tanah Air.

Meski tidak menyebutkan model apa yang bakal dibuka selubungnya, namun dari bocoran informasi sebelumnya ramai diberitakan bahwa Toyota dan Daihatsu sedang menyiapkan generasi terbaru dari kendaraan yang masuk ke dalam segmen Low Cost Green Car atau LCGC.

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

Model yang dimaksud adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang mendapat ubahan pada sisi eksterior maupun interior. Desainnya disebut-sebut bakal lebih sporty dari yang dipasarkan saat ini.

New Toyota Agya

Photo :
  • Istimewa
3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Hal yang sama juga sedang dilakukan oleh Perodua di Malaysia, di mana mereka sudah terlebih dahulu meluncurkan Perodua Axia yang jadi kembaran Daihatsu Ayla di Negeri Jiran.

Rancangannya sudah menggunakan Daihatsu New Global Architecture alias DNGA, yang lebih ringan namun kokoh. Desain ini sebelumnya sudah diterapkan di mobil kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Satu bocoran yang ramai diperbincangkan adalah sistem transmisi otomatis Axia terbaru, yang disebut-sebut menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission atau CVT.

Sebagai informasi, Toyota menjadi salah satu dari lima merek otomotif yang bakal menghadirkan produk barunya di Indonesia pada pekan ini. Daihatsu dikabarkan akan melakukan hal yang sama, pada Ayla andalan mereka.

Kemudian ada Wuling, yang disebut-sebut bakal meluncurkan Sport Utility Vehicle atau SUV Wuling Alvez. Chery juga menyiapkan SUV Omoda 5, dan terakhir ada Suzuki yang akan membuka selubung Suzuki Grand Vitara terbaru.

Semua mobil tersebut akan dipajang di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023, yang akan dibuka mulai Kamis 16 Februari mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya