Esemka Bocorkan Rahasia Mobil Listrik yang Dipajang di IIMS 2023

VIVA Otomotif: Mobil listrik Esemka Bima EV
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023, resmi dibuka pada hari ini Kamis 16 Februari 2023. Ajang tersebut diikuti oleh puluhan produsen kendaraan, mulai dari mobil hingga sepeda motor.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Ada satu peserta baru pada acara yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta tersebut, yakni Esemka. Merek otomotif lokal itu baru pertama kalinya mengikuti pameran berskala internasional.

Kehadiran Esemka yang bernaung di bawah perusahaan PT Solo Manufaktur Kreasi, langsung menyita perhatian pengunjung. Termasuk tamu penting yang juga membuka acara IIMS 2023, yakni Presiden Joko Widodo.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Orang nomor satu di Indonesia itu terlihat antusias, melihat mobil Esemka yang dipajang. Kendaraan itu mengusung desain dari Esemka Bima, model pertama yang mereka luncurkan beberapa tahun lalu dan juga dihadiri oleh Jokowi.

VIVA Otomotif: Presiden Jokowi melihat mobil Esemka di pameran IIMS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Namun ada yang berbeda dari mobil yang dipajang itu, di mana sumber penggeraknya bukan dari mesin konvensional melainkan energi listrik. Kendaraan itu diberi nama Esemka Bima EV, dan tersedia dalam tipe pikap serta minibus.

Presiden Direktur SMK, Eddy Wirajaya mengatakan bahwa pengenalan mobil listrik Esemka di IIMS 2023 diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS, merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan
otomotif lain di luar negeri,” ujarnya di lokasi acara.

Kedua tipe Esemka Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 milimeter, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990
mm, dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Versi minibus bisa menampung hingga 11 penumpang.

Sumber penggeraknya berasal dari motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018, yang mampu menghasilkan daya 75 kW atau 100 daya kuda dan torsi maksimal 165 Newton meter.

VIVA Otomotif: Mobil listrik Esemka Bima EV

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Esemka Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan tegangan 350,4 Volt, yang bisa diisi dengan sistem pengisian cepat alias quick charging DC selama satu jam dan pengisian normal AC
hingga 8 jam. Jarak tempuhnya 300 kilometer sekali cas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya