Harga Setengah Miliar Rupiah, Beli Esemka Bima EV Harus Inden

VIVA Otomotif: Mobil listrik Esemka Bima EV
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Setelah sempat pasif di dunia industri otomotif, kini produsen mobil lokal, Esemka hadir di pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 yang berlangsung pada 16 hingga 26 Februari 2023.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi, Esemka memperkenalkan mobil listrik pertamanya yang diberi nama Esemka Bima EV.

Presiden Direktur SMK, Eddy Wirajaya mengatakan bahwa proses produksi di pabrik mereka yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah sempat berhenti akibat adanya pandemi yang melanda pada 2020 dan menimbulkan dampak lama.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

"Tahun lalu kami sudah mulai lagi aktivitas produksi yaitu dengan produk Bima 1.3 dengan EPS (Electronic Power Steering dan AC," ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dikutip Jumat 17 Februari 2023. 

Pada gelaran IIMS 2023 di hari pertama, mobil listrik Bima EV hasil produksi anak negeri yang mereka hadirkan menjadi sorotan Presiden Joko Widodo.

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

VIVA Otomotif: Presiden Jokowi melihat mobil Esemka di pameran IIMS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Sebagai informasi, Esemka Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 milimeter, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990 mm. Sumber penggeraknya adalah motor listrik dengan daya maksimum 75 kW dan torsi maksimum 165 Nm.

Baterainya menggunakan Ternany Lithium 49,1 kWh, dengan jarak tempuh hingga 285 km dalam sekali pengisian daya. Tenaga dari motor listrik ini disalurkan ke roda belakang.

Baterai mobil ini dapat diisi daya dengan cara quick charge atau pengisian daya cepat DC, dalam waktu satu jam. Jika memakai sistem cas normal AC, maka waktunya menjadi delapan jam.

Mobil listrik Bima EV hasil produksi anak negeri menjadi sebuah karya otomotif, yang akan meramaikan industri Indonesia. SMK menargetkan penjualan model ini bisa mencapai 10.000 unit di IIMS 2023.

Mengenai harga, mobil ini mulai di banderol dengan harga Rp530 juta on the road DKI Jakarta dan sudah bisa dipesan dengan booking fee sebesar Rp5 juta serta inden selama 3-4 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya