Mobil yang Dipesan Ribuan Orang Kaya Indonesia Ini Punya Fitur Canggih

VIVA Otomotif: Mobil hybrid Lexus RX 350h
Sumber :
  • Dok: Lexus Indonesia

VIVA Otomotif – Beberapa hari lalu Indonesia kedatangan satu mobil baru, yang masuk ke dalam kategori mewah dan mengusung bentuk Sport Utility Vehicle. Kendaraan yang dimaksud adalah generasi terbaru dari Lexus RX.

Makin Memanas, Presiden Joe Biden Didesak Larang Mobil Listrik China Masuk Amerika

Model tersebut hadir dalam tiga tipe, yakni RX 350 Luxury, RX 350h Luxury dan RX 450h+ Luxury. Perbedaan antara tipe pertama dengan dua lainnya, ada di bagian mesin di mana kode h menunjukkan bahwa dapur pacunya memakai sistem hybrid.

Lexus RX 450h+ Luxury dibekali teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle alias PHEV, sementara Lexus RX 350h Luxury punya kemampuan Hybrid Electric Vehicle atau HEV dan Lexus RX 350 bermesin bensin standar.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Dapur pacu untuk tipe hybrid, baik PHEV maupun HEV memiliki spesifikasi yang sama, yaitu empat silinder berkapasitas 2.500cc dengan transmisi CVT. Perbedaan ada di tenaga yang dihasilkan, serta mode penggerak di mana RX 450h+ memakai sistem gerak semua roda.

VIVA Otomotif: Peluncuran mobil hybrid Lexus RX 450h+ di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Suzuki Siapkan Mobil MPV Baru dengan Harga di Bawah Ertiga, Pakai Basis Spacia

Sementara untuk RX 350, mesin bensinnya berkapasitas 2.400cc dengan tenaga 275 daya kuda yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Tampilan luar dari mobil baru ini tampak berbeda dari versi sebelumnya, di mana kini grille dibuat seolah menyatu dengan bodi dan bumper sehingga memberi kesan rapi dan bersih.

Platform yang digunakan adalah GA-K, yang menyempurnakan beberapa elemen seperti titik gravitasi rendah, pengurangan bobot dan rangka rigid.

Bagian dalamnya juga mengusung gaya mewah khas Lexus, mulai dari pemilihan pelapis jok hingga desain dasbor dan panel pintu. Sistem hiburan mengandalkan layar sentuh 14 inci, yang terhubung ke tata suara Mark Levinson dengan 21 speaker.

“The All New Lexus RX kini hadir dengan konsep desain baru yang semakin memikat, ditambah dengan fitur-fitur terbaru yang advanced seperti E-Latch dan Safe Exit Assist,” ujar General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma saat acara konferensi pers di Jakarta, dikutip Jumat 24 Februari 2023.

Bansar menuturkan, kehadiran E-Latch dan Safe Exit Assist membuat mobil yang sudah dipesan oleh 1.000 orang di Indonesia itu bisa mencegah terjadinya kecelakaan saat pengemudi atau penumpang hendak membuka pintu.

“Saat membuka pintu, kadang motor atau sepeda lewat, akhirnya ditabrak. Dengan fitur ini, tak perlu khawatir karena sistem elektronik akan membaca ada bahaya dan otomatis mencegah pintu bisa dibuka jika keadaan belum aman,” tuturnya.

Lexus menawarkan mobil baru ini dengan harga mulai dari Rp1,6 miliaran, sementara tipe tertingginya mencapai Rp1,8 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya