3 Mobil Honda di Seluruh Dunia Ini Buatan Indonesia

VIVA Otomotif: Booth Honda di IIMS 2023
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif – PT Honda Prospect Motor baru saja menggelar seremoni peringatan 20 tahun beroperasinya pabrik mereka di Indonesia, yang digelar di Karawang, Jawa Barat pada Selasa 28 Februari kemarin.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Dalam acara tersebut, mereka menegaskan komitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yang akan dikirimkan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

HPM memulai produksi pertama di pabrik Karawang pada Februari 2003, di bangunan seluas 80.324 meter persegi yang memiliki kapasitas maksimal produksi hingga 80 ribu unit per tahun.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Pada 2012 mereka membangun pabrik kedua, dan diresmikan pada 2014 dengan luas bangunan total 145.760 meter persegi. Kapasitas produksi kedua pabrik itu mencapai 200 ribu unit per tahun.

VIVA Otomotif: Honda Brio Satya di IIMS 2023

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Selain fasilitas produksi kendaraan, HPM juga membangun pabrik pembuatan komponen seperti conrod, stamping yang memproduksi panel samping, atap dan lantai dengan memanfaatkan teknologi robotik, serta crankshaft.

Executive Vice President Asian Honda Motor Company, Hiroshi Tokutake mengatakan bahwa investasi yang dikucurkan Honda ke Indonesia karena mereka melihat besarnya potensi industri otomotif tanah air, baik untuk di dalam maupun luar negeri.

“Pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global, di mana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 1 Maret 2023.

Hingga saat ini, pabrik HPM telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit dengan model andalan seperti Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio, dan produk terbaru Honda WR-V.

Dari semua model yang diproduksi oleh semua pabrik Honda, HPM hingga kini merupakan satu-satunya pabrik perusahaan berlogo H tegak yang membuat serta mengekspor model Honda Brio generasi kedua, All New Honda BR-V dan Honda WR-V.

“Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia,” tutur Presiden Direktur HPM, Kotaro Shimizu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya