Mobil Canggih Buatan Indonesia Dikirim ke Jepang

Proses perakitan mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Indonesia tidak hanya memproduksi mobil dengan fitur dan kualitas standar saja, namun juga mampu merakit kendaraan yang dibekali teknologi canggih.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Salah satu contohnya yakni Wuling Air ev, yang masuk ke dalam kategori mobil listrik dan dibuat di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Kendaraan berukuran mungil itu meluncur perdana di bulan Agustus 2022, dan langsung jadi populer di Tanah Air. Dimensinya yang kecil tidak membuat kenyamanan berkurang, berkat pengaplikasian platform Global Small Electric Vehicle atau GSEV.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Tampilan interiornya mengaplikasikan konsep modern dan teknologi, yang menonjolkan aspek kendaraan masa depan. Mulai dari sistem hiburan berukuran 10,25 inci dan panel instrumen yang ukurannya sama, hingga setir dengan beragam tombol untuk mengakses menu di layar.

Nuansa hitam dan oranye terasa di dalam kabin Air ev

Photo :
  • Wuling
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Wuling Air ev dibekali dengan sistem easy home charging, di mana pengguna hanya perlu mencolokkan pada sumber listrik dan bisa langsung disalurkan ke mobil melalui soket jenis AC GB/T.

Biaya perawatan alias cost of ownership dari Wuling Air ev hanya Rp3,9 juta saja, untuk pemakaian hingga jarak tempuh 100 ribu kilometer.

Berdasarkan penelusuran VIVA di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Rabu 15 Maret 2023, PT SGMW Motor Indonesia diketahui mengirimkan tiga unit Air ev ke Jepang pada bulan lalu.

Mengirim unit Air ev ke luar negeri bukan pertama kalinya dilakukan oleh pabrikan otomotif asal Tiongkok itu. Pada September tahun lalu, mereka mengirim unit Wuling Air ev ke Nepal.

Jumlahnya tidak banyak, yakni tiga unit dalam kondisi utuh atau Completely Built Up dan tiga unit terurai alias Completely Knock Down.

Kemudian di bulan berikutnya, Wuling kembali mengapalkan model Air ev ke negara lain. Ada dua negara tujuan ekspor kendaraan berukuran mungil tersebut, yakni Hong Kong sebanyak tiga unit CBU dan India yang jumlahnya juga tiga unit CBU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya