Fokus di Sektor Tambang, Isuzu Berikan Layanan Mekanik On Site

Isuzu Media Workshop 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Otomotif – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mulai fokus melirik kendaraan sektor pertambangan sejak 2020. Berkaitan dengan hal ini, IAMI memfokuskan pada ketersediaan layanan purna jual atau after sales.

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

eputy Business Operation Division Head IAMI, Moses G. Kosasih menjelaskan tentang beberapa strategi yang bisa dilakukan seperti menyediakan mekanik di lokasi tambang, dan memperbaiki kualitas after sales.

"Area pertambangan ini cukup berbeda ya dengan di perkotaan, jadi kami tidak bisa hanya mengandalkan kendaraan tangguh tapi juga harus dengan after sales yang berkualitas. Kami bahkan menyediakan mekanik on site," ungkap Moses di acara Media Workshop bersama Isuzu, di area JCC Senayan, di Jakarta, dikutip Rabu 15 Maret 2023.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Lebih lanjut, mekanik tersebut bertugas di lokasi tambang tempat unit-unit produk Isuzu beroperasi. Mekanik tersebut akan bertugas untuk mengkontrol, melakukan pengecekan terhadap produk Isuzu. Jika terjadi masalah, maka mekanik ini akan siap membantu di mana pun dan kapan pun.

Moses mengatakan, perawatan kendaraan Isuzu di lokasi tambang dilakukan setidaknya tiap dua minggu lantaran tingginya waktu operasional.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

"Dalam waktu dua minggu itu sudah bisa mencapai 5.000 km. jadi kalau membahas tentang kendaraan heavy duty itu kan perawatan harus lebih baik, karena ini setiap dua minggu itu harus ganti. Nah itulah kenapa kami meninggalkan mekanik di sana," Moses menjelaskan.

IAMI juga melakukan kerja sama dengan PT Pamapersada Nusantara yang bergerak di sektor pertambangan khususnya batu bara. Kerja sama ini menjadi salah satu kepercayaan terhadap Isuzu untuk menjadi bagian penting transportasi.

Dalam kesempatan yang sama, Hendri Guyjaya selaku Supply Management Division Head PT Pamapersada Nusantara mengatakan bahwa tantangan pada operasional tambang saat ini adalah kebutuhan operasional yang cukup tinggi, hal tersebut akibat dari permintaan produksi yang meningkat.

Isuzu Media Workshop 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Selain itu, untuk mencapai tujuan bisnis, ia mengatakan efisiensi produksi juga harus terus dilakukan. Bahkan Hendry menilai kehadiran Isuzu juga dapat membantu jalanya operasional dengan baik, sebab kendaraan yang dihadirkan tergolong lebih irit karena sudah memiliki standar Euro4.

"Isuzu itu sudah mengikuti standar dari pemerintah yakni Euro4 yang membuat kendaraan lebih irit. Kalau secara overall itu bisa 5-7 persen lebih irit dari kendaraan biasa," ungkapnya.

Adapun lini kendaraan Isuzu yang bisa diandalkan untuk dioperasikan di area pertambangan antara lain medium truk GIGA FVZ N HP 6.1 dan kelas light truck Elf NMR 71 HD 6.1.

Isuzu juga memiliki dua mobil yang mumpuni digunakan di area tambang yakni Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya