Mobil Kencang Baru Mengaspal di Jakarta, Harga Rp1,39 Miliar

VIVA Otomotif: All New Honda Civic Type-R edisi 2023
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif – Generasi terbaru mobil sport Honda Civic Type-R hari ini resmi mengaspal di Jakarta. Mobil ini memiliki desain yang semakin aerodinamis dan mesin dengan tenaga terbesar, yang membuatnya menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat oleh Honda.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Varian Type-R adalah jenis mobil Honda yang didesain dengan inspirasi dari mobil balap, dan pertama kali dihadirkan pada model Honda NSX edisi 1992 sebagai mobil sport Honda yang fokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara, seperti mobil balap.

Setelah itu, varian Type-R juga hadir pada model-model seperti Honda Integra dan Honda Accord. Varian Civic Type-R pertama kali dibuat pada 1997, dan kini sudah hadir dalam generasi ke-6.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Berbeda dengan varian Honda lainnya, setiap varian Type memiliki emblem logo Honda berwarna merah yang dulunya hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap.

VIVA Otomotif: All New Honda Civic Type-R edisi 2023

Photo :
  • Dok: HPM
Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Sementara itu, warna eksklusifnya yaitu Championship White adalah merupakan warisan dari mobil F1 Honda yang dipakai di ajang balap.

Generasi ke-6 dari mobil yang dibanderol Rp1,399 miliar on the road DKI Jakarta itu diluncurkan perdana di Jepang pada September tahun lalu, dan langsung mendapat sambutan meriah dari para penggemar.

All New Honda Civic Type-R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 daya kuda, naik 9 dk dari generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, naik 20 Nm dari generasi sebelumnya.

Model ini sukses memecahkan rekor kendaraan penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan catatan waktu 2 menit 23.120 detik, mengalahkan catatan waktu sebelumnya yang dipegang oleh generasi sebelumnya.

Fitur canggih yang dipasang yakni LogR, yang berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi. Tersedia juga Individual Mode, untuk mengatur performa mesin sesuai dengan karakter pengemudi. Selain itu, fitur keselamatan Honda Sensing juga tersedia pada Civic Type-R untuk pertama kalinya.

“Civic Type-R terinspirasi oleh warisan Honda di trek balap, dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda," ujar Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Kotaro Shimizu di Jakarta, Kamis 30 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya