Mobil Ini Jadi Tulang Punggung Penjualan Toyota di Indonesia

VIVA Otomotif: Booth Toyota di pameran IIMS 2023
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA Otomotif – PT Toyota-Astra Motor merupakan salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yang bertahun-tahun menempati urutan pertama penjualan terbanyak di Indonesia.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Performa penjualan mereka selama periode Januari hingga Februari 2023, menunjukkan hasil yang positif. Dalam periode tersebut, TAM berhasil membukukan penjualan sekitar 56 ribu unit dengan pangsa pasar sebesar 31,1 persen.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, mengumumkan hasil tersebut di Jakarta pada malam hari tanggal 29 Maret lalu, saat hadir di acara buka puasa bersama media.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Menurut Henry, penjualan Toyota didominasi oleh model MPV dengan kontribusi mencapai 56 persen. Salah satu penyebabnya, yakni banyak peluncuran beberapa model baru Toyota seperti Innova Zenix, Avanza, dan Veloz, yang mendapat respons positif dari masyarakat.

VIVA Otomotif: Toyota Innova Zenix di pameran IIMS 2023

Photo :
  • Dok: TAM
Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Kehadiran TAM dalam pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week alias GJAW 2023 yang diadakan baru-baru ini, juga memberi kontribusi positif.

Penjualan mereka di IIMS tercatat 1.900-an unit, dan model yang paling laku yaitu mobil MPV Innova Zenix dengan jumlah pemesanan sekitar 400 unit.

Sementara itu, di GJAW total angka penjualan Toyota di kisaran 1.000 unit. Meski waktu pelaksanaannya berdekatan, penjualan di kedua pameran tersebut berhasil menunjukkan performa yang baik.

“Toyota Agya adalah salah satu yang banyak laku di pameran GJAW, dengan angka pemesanan sekitar 100 unit,” ujarnya, dikutip Minggu 2 April 2023.

Henry menuturkan, TAM bakal terus menghadirkan kendaraan terbaru yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan masyarakat Indonesia. Mereka juga akan menghadirkan beberapa kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, pada tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya