Mobil Paspampres Terjang Jalan Berlubang di Lampung Jadi Sorotan

Paspampres gunakan kendaraan taktis terjang jalan berlubang di Lampung
Sumber :
  • TikTok

VIVA Otomotif – Sejumlah persiapan telah dilakukan menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Lampung hari ini Jumat, 5 Mei 2023. Diketahui salah satu agenda dalam kunjungan itu untuk melihat jalan rusak yang ramai dikeluhkan warga.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Melalui video yang dibagikan akun TikTok @meysima.sm terlihat Pasukan Pengaman Presiden atau Paspampres pun telah diterjunkan ke lokasi. Nampak, jalan yang mereka lalui juga masih rusak dan berlubang.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

“Paspampres sudah mulai berdatangan Untuk menyambut kedatangan Bapak Presiden,” tulis keterangan video dikutip Jumat.

Dalam video berdurasi 30 detik itu terlihat mobil-mobil yang digunakan Paspampres didominasi Sport Utility Vehicle (SUV) yang memiliki ketahanan melaju di jalan berlubang jika dibandingkan sedan.

Apple Bangun Pabrik iPhone di Indonesia, Menkominfo: Tunggu Besok

Nampak, mobil-mobil SUV yang digunakan beragam, mulai dari Toyota Land Cruiser, Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, hingga yang menjadi sorotan adalah kendaraan taktis buatan PT Pindad, yaitu Maung.

Mengutip 100 KPJ, Maung Pindad yang pertama kali diperkenalkan pada 2020 itu mengandalkan platform Toyota Hilux sebagai mobil double cabin. Namun ada sejumlah perubahan pada sasis, dan kaki-kakinya.

Jantung pacu Maung Pindad masih serupa dengan Hilux. Mesinnya berkapasitas 2.400cc diesel empat silinder, 16 katup. Tenaga maksimalnya 149 daya kuda, dan torsi puncak 400 Newton meter, berpenggerak 4x4.

Penggerak empat rodanya dikaitkan dengan rear differential lock, sehingga cocok digunakan di medan offroad sekalipun. Untuk kecepatan amannya, 120 kilometer per jam, dengan kondisi tangki 80 liter jarak tempuhnya 800 km.

Suspensi depan mengandalkan model independen, collover shock dengan long arm. Sedangkan bagian belakang dibuat rigid dengan coilover shock yang dikombinasikan four link arm. Kendaraan taktis tersebut dapat menampung 4 orang.

Maung dibekali bracket senjata kaliber 7,62 milimeter, konsol senapan serbu 552-V4. Kemudian dilengkapi towing 4 buah untuk memudahkan proses derek, lalu alat pemadam kebakaran, lampu blackout, perangkat GPS dan tracker.

Paspampres gunakan kendaraan taktis terjang jalan berlubang di Lampung

Photo :
  • TikTok
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya