Pengalaman Berkendara Mobil Listrik BMW di Jalanan Off-Road

BMW X5
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Otomotif – Acara bertajuk BMW Astra Joyfest Driving Experience 2023 yang berlangsung di Sirkuit International Sentul (SIS) pada Sabtu kemarin menghadirkan sensasi terbaru, karena adanya tambahan trek off-road. Hal ini tentu saja memberikan pengalaman kepada pecinta BMW dalam memacu kendaraan mereka. 

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Sebelum memulai mencoba trek off-road, Gerry Nasution selaku BMW Certifed Driver Trainer atau Pembalap senior memberikan penjelasan tentang pentingnya safety driving untuk para peserta yang ingin menjajal trek offroad, ataupun di lintasan balap. 

Experience driving BMW Astra

Photo :
  • Arianti Widya
Neta Siap Hadirkan Mobil Baru Rakitan Lokal di Indonesia

"Mengendarai di jalanan umum (biasa) tentu saja berbeda saat mengendarai di jalanan lintasan balap, ataupun di off-road. Maka dari itu, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan seperti posisi mengemudi, diusahakan harus dalam posisi yang nyaman," jelasnya saat di acara BMW Astra Joyfest Driving Experience, dikutip Selasa 23 Mei 2023. 

Kemudian ia menjelaskan bahwa penting juga untuk memperhatikan kecepatan mobil terutama untuk jalanan off-road. Kemudian juga penting untuk mengecek kondisi ban apakah sudah baik dan pas, karena harus melewati medan yang lebih sulit dibandingkan jalanan biasa. 

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Kemudian, saat berada di trek off-road, tersedia mobil listrik BMW iX dan mobil Hybrid BMW X5. Terlihat bahwa kedua mobil ini terlihat gagah saat melintasi medan off-road berupa gundakan, jalan tanjakan, hingga jalan berlumpur. 

Melalui pantauan dari tim VIVA di lokasi, untuk kedua mobil mampu melewati jalanan off-road dengan baik, meskipun pada mobil iX, saat melewati gundukan besar, masih mengalami mentok sedikit pada kolong mobil. 

Selebihnya, mobil ini bisa melewati jalanan berlumpur, jalanan tanjakan, jalanan berkelok, hingga licin dengan baik, begitu juga pada mobil X5. 

BMW iX

Photo :
  • Arianti Widya

Terkait dengan kondisi baterai mobil iX, Gerry Nasution menjelaskan bahwa akan tetap aman bila melewati jalanan basah karena kondisi baterai di bawah tertutup. 

"Untuk baterai sih aman, karena tertutup. Jadi meskipun melewati jalanan agak basah seperti tadi, tidak masalah," ungkapnya. 

Lebih lanjut Gerry menekankan bahwa mobil listrik ini sebaiknya digunakan untuk jalanan semi off-road, "Jadi mobil ini bukan full offroad, melainkan semi. jadi kalau bisa ya mobil ini jangan dibawa ke medan yang terlalu sulit seperti harus nyemplung ke satu meter, atau melewati batu yang gede-gede, itu gak bisa," tuturnya. 

Sebagai informasi, dalam acara Joyfest kemarin, BMW Astra turun memberikan penawaran khusus berupa diskon 10 persen untuk produk aksesori dan lifestyle. Kemudian ada juga gratis biaya pemasangan untuk setiap pembelian BMW Advance Car Eye 3.0 atau berbagai suku cadang pilihan di part bazaar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya