Tahun Depan Mazda Bangun Pabrik Mobil di Indonesia

Logo Mazda
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA Otomotif – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Jepang, untuk memperkuat kerja sama di sektor otomotif antar kedua negara.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Salah satu perusahaan otomotif yang dikunjungi oleh Menperin adalah Mazda Motor Corporation. Kedatangannya merupakan bagian dari upaya Kemenperin, untuk mendorong minat investasi dari perusahaan otomotif Jepang di Indonesia.

Kemenperin memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama yang sudah lama terjalin antara kedua negara dalam sektor otomotif. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Agus membahas potensi kerja sama yang lebih luas di bidang otomotif dengan Mazda.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Salah satu topik yang dibahas, adalah rencana investasi Mazda di Indonesia yang dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

VIVA

Photo :
  • 1486504
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

“Kami ingin memastikan rencana produksi Mazda di Indonesia, sekaligus mendorong agar Mazda menjadikan Indonesia sebagai basis produksi di wilayah ASEAN dan Australia,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 6 Juni 2023.

Hal ini didasarkan pada pangsa pasar yang tinggi yang dimiliki Mazda di Australia, di mana penjualannya pada tahun 2022 mencapai 95.718 unit dan menjadi yang tertinggi kedua setelah Toyota.

Selain itu, Menteri Agus juga mendorong Mazda untuk berpartisipasi dalam program percepatan Kendaraan Listrik di Indonesia.

Kemenperin berharap, pabrikan otomotif asal Jepang itu dapat mempertimbangkan mobil listrik Mazda MX-30  sebagai salah satu produk yang diproduksi di tanah air.

Dalam kunjungan tersebut, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation, Hironoki Tanaka, mengungkapkan bahwa Mazda sedang melakukan kunjungan kedua ke Indonesia.

Harapannya, hasil kunjungan ini dapat membantu perusahaan untuk segera menentukan model yang akan diproduksi di pabrik barunya nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya