Sejarah Panjang Nama Rubicon Tersemat di Jeep Wrangler

VIVA Otomotif: Jeep Wrangler Rubicon di pameran IIMS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Amerika Serikat juga mempunyai satu perusahaan otomotif yang memproduksi mobil mewah dengan kategori Sport Utility Vehicle atau SUV. Merek yang dimaksud adalah JEEP yang saat ini sudah menjadi bagian dari grup Stellantis. 

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Pabrikan mobil itu diciptakan perusahaan Willys yang merupakan penyedia jip yang dipakai untuk keperluan perang dan kemudian memproduksi untuk versi sipil. Merek Jeep lalu dijual ke American Motor Corporation yang berhasil memproduksi seri CJ.

Salah satu model yang sejak dahulu sampai saat ini masih terus dipertahankan adalah Jeep Wrangler. Ini merupakan mobil SUV yang tangguh dipakai untuk melintasi berbagai medan jalan. 

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

VIVA

Photo :
  • 1470008

Jeep sendiri mempunyai model Jeep Gladiator yang merupakan versi pikap dari seri Wagoneer yang pada zaman dahulu disukai oleh banyak orang Amerika lantaran dimensinya yang bongor dan dapat diandalkan. 

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator saat ini ditawarkan dengan varian Rubicon yang menjadi seri tertinggi. Banyak yang penasaran dengan penamaan mobil satu ini. Melansir laman resmi Jeep Kanada, Rubicon dikenal sebagai nama salah satu sungai

Sungai tersebut berada di perbatasan antara Italia dan provinsi Galia Cisalpina yang diperintah oleh Julius Caesar. Ketika Dewan Senat Romawi meminta Caesar menyerahkan kekuasaannya karena dianggap terlalu besar, dia menolak dan menyeberangi sungai Rubicon untuk kudeta. 

Aksi tersebut menjadi awal mula kekuasaan Caesar di Romawi. Nama Rubicon sendiri menjadi inspirasi dan dijadikan sebagai nama sungai dan jalan yang menghubungkan Kota Georgetown dengan Sungai Tahoe di Amerika Serikat. Namun, jalur tersebut saat ini tidak digunakan lagi. 

Jeep

Photo :
  • 129548

Pada 1952, warga Georgetown kemudian berinisiatif menggelar lomba balap melintasi jalur Rubicon dan rutin mengadakan acara tersebut setiap tahun dengan nama Jambore Jeep. Jalur itu dipakai oleh Jeep untuk melakukan uji coba kekuatan produk mereka. Sampai akhirnya Rubicon digunakan sebagai varian Jeep paling tangguh sesuai sejarahnya. 

Sementara itu, secara spesifikasi, mobil berjenis SUV ini memiliki panjang 4.173 mm, lebar 1.8873, dan tinggi 1.842 mm. Untuk kapasitas penumpang yaitu lima orang. Saat ini, Jeep Wrangler Rubicon rakitan 2013 dibanderol kisaran Rp800 juta sampai Rp1 miliar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya