Shell Eco Marathon Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika

Kompetisi Shell Eco-Marathon
Sumber :
  • Shell

Lombok - Shell Eco Marathon akan resmi kembali digelar untuk kedua kalinya di Indonesia, lebih tepatnya di Sirkuit Mandalika, Lombok pada akhir pekan ini.

Daftar Lengkap Harga BBM Shell, BP, Vivo dan Pertamina per 1 Mei 2024, Banyak yang Naik

Shell Eco Marathon merupakan kegiatan kompetisi yang diikuti oleh berbagai mahasiswa di Indonesia serta beberapa SMK. Acara tersebut bertujuan untuk mengembangkan rancangan kendaraan hemat energi.

Shell Eco-marathon Asia 2018

Photo :
  • Dok: Shell
Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Kompetisi tersebut sebelumnya diikuti oleh 77 tim dari 13 negara, di antaranya Brunei, China, Indonesia, India, Korea Selatan, Kazakhstan, Malaysia, Philipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Akan tetapi di antara ke 13 negara tersebut, Indonesia diwakili 47 tim yang berasal dari beberapa Universitas dan SMK dari seluruh nusantara.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Seperti mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), BINUS dan berapa kampus lain.

Kompetisi Shell Eco Marathon memiliki dua kategori, yaitu Prototype dan Urban Concept. Untuk kategori Prototipe para peserta diharuskan merancang kendaraan dengan ultra efisien dan ringan. Pada kategori tersebut kendaraan memiliki tiga roda.

Kendaraan salah satu tim Shell Eco-Marathon 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Sedangkan untuk kategori Urban Concept, para peserta harus merancang kendaraan kota yang hemat energi pada kendaraan pada umumnya atau tipe roda empat, nantinya para peserta bisa menggunakan tiga kategori energi yaitu mesin pembakaran dalam, baterai listrik dan sel bahan bakar hidrogen.

Sebagai tambahan informasi, rangkaian kompetisi yang diadakan oleh Shell Eco Marathon akan digelar di sirkuit Mandalika, Lombok dari tanggal 4-9 Juli 2023. Selain itu juga, ajang ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia setelah terakhir pada tahun lalu di tempat yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya