Ada Uji Emisi Gratis Hingga 31 Desember 2023

Uji emisi di bengkel Auto2000
Sumber :
  • Dok: Auto2000

Jakarta– DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, memiliki masalah serius terkait kualitas udara. Tingkat polusi udara yang tinggi merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengambil berbagai langkah untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah tilang uji emisi yang mulai diberlakukan pada Jumat 1 September lalu.

Tilang uji emisi adalah tindakan penegakan hukum, yang ditujukan kepada kendaraan bermotor yang tidak memenuhi standar emisi gas buang.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Dalam konteks Jakarta, kendaraan yang tidak lolos uji emisi dapat diberikan tilang, dan pemiliknya akan dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Meski menuai kontroversi, namun Ini diklaim menjadi langkah yang signifikan dalam upaya untuk memerangi polusi udara. Kendaraan bermotor, khususnya kendaraan berbahan bakar fosil, disebut menjadi salah satu sumber utama polusi udara di kota-kota besar seperti Jakarta.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Dengan memberlakukan tilang uji emisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong pemilik kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan mereka mematuhi standar emisi yang ditetapkan.

Bagi para pemilik mobil Toyota, mereka bisa memeriksakan emisi kendaraannya secara gratis di 22 bengkel resmi Auto2000 yang ada di Ibut Kota. Program uji emisi gratis ini dihadirkan tepat pada perayaan hari pelanggan yang jatuh pada 4 September, dan berlaku sampai 31 Desember tahun ini.

Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Uji emisi mesin bensin difokuskan pada kadar HC (Hidrokarbon) dan CO (Karbon Monoksida) yang akan meningkat akibat pembakaran mesin yang kurang sempurna.

Untuk mesin diesel, uji emisi difokuskan pada tingkat kepekatan (opasitas) gas buang yang akan semakin tinggi ketika sistem pembakaran mesin bermasalah.

“Auto2000 sebagai member of Astra memberikan layanan uji emisi gratis untuk mobil Toyota segala usia dalam mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta menurunkan tingkat polusi udara, salah satunya yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan bermotor,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 4 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya